Bali (ANTARA) - Pelaksanaan kejuaraan esport dunia IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 yang berlangsung pada 1-11 Desember resmi ditutup dalam upacara penutupan yang digelar di lapangan utama Earth Stage, Merusaka, Nusa Dua, Bali, Minggu malam.

Dengan berakhirnya IESF Bali 14th World Esports Championship 2022, maka kejuaraan esport dunia akan bergulir ke Iasi, Rumania, pada tahun depan.

Berakhirnya kejuaraan esport dunia 2022 ditandai dengan penurunan bendera IESF, dan penyerahan bendera IESF dari Indonesia sebagai tuan rumah yang diwakili oleh Ketua Harian Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo kepada presiden Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu.

"Ini menjadi festival besar standar baru yang jadi showcase dunia telah terselenggara dengan aman, lancar, dan sukses, menjadi saranan pengembangan seluruh sektor, tidak hanya teknologi, pendidikan, industri kreatif, pariwisata, entertainment, hingga fintech," ujar Bambang.

Baca juga: Indonesia juara Mobile Legends pada kejuaraan esport dunia

Dalam kesempatan tersebut Marinescu berterima kasih kepada Presiden RI Indonesia Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan PB ESI, serta semua pihak yang terlibat dalam kesempatan ajang tersebut.

Marinescu juga mengungkapkan bahwa kejuaraan esport dunia IESF menjadi wadah untuk menyatukan orang dari berbagai negara.

"Saya belum pernah melihat orang-orang bersatu seperti ini di Bali. Kami tidak hanya memiliki kejuaraan esport terbesar di dunia, tetapi juga pada kesempatan ini, kami memiliki kongres," kata Marinescu.

"Saya sangat rendah hati pada saat yang sama untuk mengatakan bahwa selama Kongres itu, saya terpilih sebagai presiden untuk tiga tahun ke depan dan dewan kami juga telah terpilih untuk beberapa tahun ke depan."

"Kami dengan rendah hati berterima kasih, kami berjanji kepada Anda bahwa kami harus bekerja lebih keras dan terus meningkatkan standar lebih jauh dan lebih tinggi."

Acara penutupan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera IESF kepada perwakilan federasi esport Rumania, Daniel.

"Anda meningkatkan industri esport ke level selanjutnya. Tapi, tahun depan saya menunggu Anda semua di Iasi, kota terindah di Rumania dengan orang-orang terindah, dan banyak kejutan untuk Anda," ujar Daniel.

Baca juga: eFootball Indonesia sabet gelar juara pada kejuaraan esport dunia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022