Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah konten berjudul "Luar Biasa, Uni Emirat Arab Selamatkan Indonesia Dari Hutang 1.3 Triliun” diunggah seorang pengguna YouTube.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dan beberapa pemimpin negara lainnya, di antaranya Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al-Nahyan, Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman, serta Presiden Prancis Emmanuel Macron, dimuat dalam video sepanjang dua menit tersebut.

Terdapat pula potongan wawancara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam cuplikan gambar yang sudah ditonton sekitar 2.700 pengguna YouTube sejak 23 November 2022.

Berikut adalah narasi pada video tersebut:
"Di acara G20 Amerika dan Uni Eropa mati kutu, Uni Emirat Arab Selamatkan Indonesia dari hutang raksasa, begitu fantastis nilainya!".

Lantas, benarkah UEA selamatkan Indonesia dari utang 1,3 triliun dolar AS?
 
Tangkapan layar berisi narasi yang menyatakan UEA selamatkan Indonesia dari utang 1,3 triliun dolar AS (YouTube)
Z

Penjelasan:
Konten di YouTube itu, faktanya berisi potongan gambar dari berbagai sumber yang disunting dan dihimpun menjadi satu video baru.

Video yang ditampilkan pun tidak berkaitan dengan narasi penghapusan utang Indonesia, sehingga informasi yang dimuat menyesatkan.

Berikut sejumlah sumber cuplikan gambar yang muncul dalam konten YouTube tersebut:
1. Video Presiden Jokowi saat menyambut beberapa petinggi negara dalam acara makan malam bersama para pemimpin dunia pada pertemuan G20, 15 November 2022 di Garuda Wisnu Kencana, Bali.
2. Video peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) atau UEA Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) pada 14 November 2022.
3. Video kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Abu Dhabi Persatuan Emirat Arab pada 24 Juli 2019. 
4. Video kunjungan Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin saat tiba di Abu Dhabi pada tanggal 1 November 2022, untuk menerima Penghargaan Perdamaian Internasional Al Hasan Bin Ali Award yang dianugerahi kepada Presiden Jokowi.

Klaim: UEA selamatkan Indonesia dari utang 1,3 triliun dolar AS
Rating : Hoaks

Baca juga: Hutang Indonesia Rp4.034 triliun, masyarakat jangan khawatir

Cek fakta: Hoaks! Berita Sri Mulyani sebut kenaikan harga BBM untuk bayar utang negara


Cek fakta: Hoaks! Presiden Jokowi tagih utang Rp100 miliar ke Malaysia lewat Bank Dunia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022