Ini merupakan suatu kebanggaan bagi semua masyarakat Bangka Belitung, di kancah nasional berhasil mendapat penghargaan bergengsi ini,
Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian BUMN memberikan penghargaan kepada UMKM dan IKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022, sebagai apresiasi pemerintah atas kerja keras pelaku usaha kecil dalam mengembangkan usahanya.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi semua masyarakat Bangka Belitung, di kancah nasional berhasil mendapat penghargaan bergengsi ini," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel Naziarto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan peran strategis pelaku UMKM, IKM, dan industri kreatif dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional pada masa pandemi sangat luar biasa. Mereka berhasil bertahan dengan memanfaatkan teknologi digital, serta terus mengembangkan kualitas produknya sehingga mampu menjadi pilihan utama pasar domestik.

"Alhamdulillah, IKM dan UMKM tahun ini meraih penghargaan dan menjadi yang terbaik pada empat kategori, yakni fesyen, kuliner, kriya, serta kecantikan dan kebugaran," ujarnya.

Baca juga: Teten: Evolusi UMKM sangat diperlukan untuk topang ekonomi nasional

Ia menyatakan pada ajang ABBI 2022, Juragan Madu Bangka meraih penghargaan sebagai IKM inspiratif kategori kecantikan dan kebugaran, sementara Pepper Secret berhasil meraih peringkat ketiga UMKM terbaik pada kategori yang sama.

"Ini menjadi bukti pembinaan kami terhadap pelaku IKM dan UMKM menunjukkan keberhasilannya," katanya.

Ia berharap, dari tahun ke tahun baik secara kualitas maupun kuantitas produk IKM dan UMKM selalu ditingkatkan agar selain di kancah nasional, bisa berkiprah hingga kancah internasional.

"UMKM akan menjadi prioritas pembangunan Babel ke depan, karena UMKM sebagai sokoguru perekonomian masyarakat, pendekatan ekonomi kerakyatan ini sangat penting, kami akan mengupayakan produk UMKM kita mendapatkan pangsa pasar ekspor ke luar negeri," katanya.

Baca juga: Gelar Gebyar IKMA, Kemenperin pacu IKM tumbuh dan jawab tuntutan jaman

Menurut dia tidak hanya sektor UMKM, sebelumnya Provinsi Kepulauan Babel juga berhasil meraih prestasi di bidang lingkungan hidup, pertambangan, komunikasi dan informatika, dan dalam waktu dekat akan mendapat penghargaan di bidang pertanian.

"Hal ini menunjukkan Provinsi Babel terus maju menuju kesuksesan," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022