Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) mengirim 38 perenang muda dan 8 ofisial ke kejuaraan renang se-Asia Tenggara bertajuk 44th SEA Age Group Swimming Championship 2022.

Ajang yang bergulir di National Aquatic Centre Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, 17-19 Desember, ini melombakan tiga kelompok umur yaitu kelompok 1 dengan rentang usia 16-18 tahun, kelompok 2 (14 dan 15 tahun), dan kelompok 3 di bawah 13 tahun.

"Ini ajang yang diperuntukkan untuk membina usia muda, memberikan kesempatan kepada para atlet muda," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Reswanda T. Ade dalam acara pelepasan atlet di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Rabu.

PB PRSI berharap atlet-atlet muda tersebut dapat menorehkan prestasi mengingat renang termasuk dalam cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang memiliki sasaran utama Olimpiade.

Baca juga: PB PRSI kembali gelar Indonesia Open Aquatic Championship2022

"Anak-anak ini adalah harapan kita di masa mendatang dan kami sudah menekankan kepada mereka untuk selalu berpikir untuk berprestasi lebih tinggi dalam menatap Olimpiade yang diharapkan oleh negara," ujar Reswanda menambahkan.

Reswanda mengungkapkan target tim renang Indonesia adalah mengincar posisi terbaik di ajang 44th SEA Age Group Swimming Championship.

"Kami tahu kompetitor juga tidak bermain-main dalam hal ini. Tentu kami berharap anak-anak memberikan yang terbaik jika Tuhan menghendaki kami mengincar Indonesia bisa menjadi juara umum," ujar Reswanda.

"Mohon doa dari seluruh masyarakat untuk tim Indonesia bisa berprestasi. Diharapkan beberapa tahun ke depan inilah gambaran atau peta dari dunia akuatik di Asia Tenggara khususnya," pungkas Reswanda.

Baca juga: Menpora berharap IOAC 2022 dapat jaring atlet muda potensial

Adapun atlet yang bersaing adalah Serenna Karmelita Muslim, Izzi Dwifaiva Hefrisyanthi, Zefanya Immanuela Yus, M. Hasan Musthafa Pronosumarto, Flairene Candrea W, Romeo Lingga Al Farizi.

Lalu ada juga Adelia, Ibrahim F Faqih, Jeremy Elyon Master Ganesha, Ni Putu Pande Lisa Primasari, Moch Akbar Putra Taufik, Muhammad Kenzei Kautsar Prihandono, dan Michelle Surjadi Fang.

I Nyoman Gede Yajamana Swaha, Ni Kadek Rena Kartika, Olympus Gatotkaca Putra Nandito, Muhammad Haviz Rizal Wibowo, Evan Resendriya Surahman.

Kemudian ada Jason Donovan Yusuf, Lilly Kartina Beales, Alegra Linette Sruy, Aulia Adzikri Naja Maulana, Desak Nyoman Shiva Pradnyaswari Dewi,

Lalu ada Emirshah Aflach Fadhil, Alvino Dika Wijaya, Yostiawan Tirta Wijaya, Ansel Yu Fei Song, Philomena Balinda Arkananta, Arqayla Najwari, Alexander Adrian, dan Christian Abygail.

Reynard Delian Purwanto, Samuel Maxon Septionus, Gabriel Elliott Angkriwan, Callista Aloynia Ciptaning Dewi, Nicolle Callysta Phinong, Mascha Eugenia Vasco, Chandri Dzakwan Naufal Rafif.

Mereka akan ditemani ofisial yang terdiri dari Choirul Umam (manajer), Michael Piper (pelatih asing) dan tim pelatih Nurbakti Saloko, Senja Setiawan, Gede Meiga Wira Pradtama, I Wayan Erich Hermawadhi, Nicko biondi, dan Erwanto.

Baca juga: PRSI: Pemanggilan atlet pelatnas renang berdasar pada DBON
Baca juga: KOI minta PRSI lebih serius persiapkan atlet terbaik untuk multievent

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022