Jakarta (ANTARA) - Visinema resmi menghadirkan episode perdana “DOMIKADO”, program serial edutainment terbaru untuk anak, hari ini di kanal YouTube DOMIKADO_ID.

“Ini berangkat dari kegelisahan pribadi saya dan Angga sebagai orang tua bahwa ternyata minim sekali tontonan yang ramah dan baik untuk anak-anak dan keluarga Indonesia,” papar kreator DOMIKADO sekaligus Chief Content Officer Visinema Studios Anggia Kharisma saat dijumpai di kantor Visinema, Jakarta Selatan, Jumat.

“Waktu itu kita baca datanya, cuma ada 0,7 sampai 0,9 persen tontonan yang layak ditonton oleh anak-anak. Dari kegelisahan itulah di masa pandemi, kita sadar betul bahwa anak-anak kehilangan momen bahagianya. Dan banyak sekali teman-teman yang tidak seberuntung kita mendapatkan akses pendidikan dasar,” tambahnya.

Baca juga: Berkonsep "puppet show", serial edukatif "Domikado" segera tayang

Lebih lanjut, Anggia juga menjelaskan bahwa nama “DOMIKADO” sendiri tercetus dari lirik lagu permainan di masa kanak-kanak era 90an. Tak hanya itu, nama karakter Bea, Beo dan Cis-Cis juga diambil dari lirik lagu permainan tersebut.

“Waktu itu mikirin apa ya nama yang gampang diucapin. Terus kepikiran mainan waktu kecil saja, Domikado. Akhirnya dari situlah namanya Domikado,” jelas Anggia.

Selain Bea, Beo dan Cis-Cis, terdapat pula tiga karakter utama lainnya yakni Cricket, Astrobek dan Odi si Awan baik hati. Karakter-karakter tersebut pun memiliki sifat berbeda dan mewakili keberagaman untuk menyampaikan pesan-pesan baik kepada anak-anak.

Hari ini, “DOMIKADO” telah merilis episode pertamanya yang berjudul “Tangga Nada”. Episode tersebut pun menceritakan Astrobek, Bea, Beo dan Cricket yang ingin menyanyikan lagu ulang tahun untuk Cis-Cis sebagai kejutan.
​​​​​​
Baca juga: Festival film berperan dalam literasi dan apresiasi sinema

Bea pun kemudian mengenalkan tangga nada agar teman-temannya bisa berlatih bernyanyi. Siapa sangka, mengenal tangga nada membuat salah satu dari mereka menemukan bakat terpendam yang tak terduga.

“DOMIKADO” akan tayang setiap hari Jumat pukul 4 sore WIB di kanal YouTube DOMIKADO_ID. Pada musim pertamanya, “DOMIKADO” akan hadir dalam 24 episode dengan berbagai cerita menarik.

Tak hanya 6 karakter utamanya, “DOMIKADO” juga akan berkolaborasi dengan beberapa bintang tamu seperti Ringgo Agus Rahman, Rachel Amanda, Najeela Shihab, Quinn Salman, Kristo Immanuel, Chef Jenny dan Dokter Ferdiriva.

Baca juga: Domikado rilis lagu "Tangga Nada" untuk sarana "edutainment" anak

Baca juga: "Domikado" hadir di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2022


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022