Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Jumat (16/12) kemarin, mulai dari polemik terkait Pulau Widi di Maluku Utara hingga Partai Ummat melapor ke Badan Pengawas Pemilu RI.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. MPR minta pemerintah ambil langkah tepat terkait Pulau Widi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah mengambil langkah cepat dan tepat dalam mengatasi polemik Pulau Widi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, yang masuk dalam daftar situs lelang Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika Serikat pada 8-14 Desember.

"Saya mendorong pemerintah segera mengambil langkah cepat dan tepat dalam mengatasi polemik kepulauan di Indonesia, salah satunya dengan merealisasikan pembentukan satuan tugas (Satgas) untuk meneliti pulau-pulau terluar di Indonesia," kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

2. Bakamla luncurkan satu kapal berkecepatan tinggi buatan dalam negeri

Badan Keamanan Laut resmi meluncurkan perkuatan satu unit kapal berkecepatan tinggi buatan dalam negeri yang dibangun di Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Badan Keamanan Laut, Laksamana Madya TNI Dr Aan Kurnia, menyatakan, kapal bernomor lambung HSC 32-03 ini merupakan kapal ketiga di kelasnya dan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah perbatasan yang memiliki potensi ancaman penyelundupan.

Selengkapnya di sini

3. Katedral Jakarta akan ikuti aturan soal kapasitas gereja saat natal

Pengurus Gereja Katedral Jakarta memastikan bahwa pihaknya akan mengikuti aturan terbaru soal kapasitas gereja saat penyelenggaraan ibadah Natal 2022.

"Kami akan mengikuti aturan yang diterapkan," ujar Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie saat dihubungi dari Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

4. Partai Ummat lapor ke Bawaslu

Partai Ummat melapor ke Bawaslu RI terkait sengketa proses pemilihan umum usai tidak lolos menjadi partai politik peserta Pemilu 2024.

"Yang pasti ini adalah upaya kami secara serius memperjuangkan Partai Ummat untuk membuktikan bahwa partai ini bukan hanya memenuhi syarat, tapi layak sebagai peserta Pemilu 2024," kata Ketua Tim Advokasi Hukum Partai Ummat Denny Indrayana di Jakarta Jumat.

Partai Ummat mendatangi Bawaslu pada Jumat pukul 14.00 WIB. memulai proses pengajuan permohonan teman-teman penyelesaian sengketa proses Pemilihan Umum 2024.

Selengkapnya di sini

5. Koramil 1708-05/Numfor turut bangun gereja di Kampung Namber

Koramil 1708-05/Numfor turut serta dalam proses pembangunan gedung gereja di Kampung Namber, Distrik Numfor Barat, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Jumat.

Babinsa Koramil 1708-05/Numfor, Kopral Dua Lukius Rumbruren, dalam siaran pers Penerangan Kodim 1708/Biak Numfor kepada di Jayapura, Papua, Jumat, mengatakan, mereka ikut terlibat dalam pembangunan rumah ibadah sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap warga.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022