Jakarta (ANTARA) - Petenis kembar Fitriani Sabatini dan Fitriana Sabrina terus menunjukkan progres setelah masuk dalam pembinaan Badan Intelijen Negara (BIN) Tennis Club.

Dalam dua turnamen terakhir, keduanya mendominasi di nomor tunggal dengan menghiasi laga final. Terakhir dalam gelaran Invitasi Tenis Nasional 2022 di lapangan tenis indoor BIN, Pasar Minggu, Jakarta, mulai Rabu (14/12) hingga Sabtu (17/12).

Dalam ajang ini, giliran Ani sapaan akrab Fitriani Sabatini menjadi juara tunggal putri usai mengalahkan Ana atau Fitriana Sabrina di partai final, hari ini, dengan skor 6-3, 6-2.

Adapun pada turnamen sebelumnya yakni Rajawali Women's Tennis Open 2022 di Lapangan Tenis Hotel Sultan, Jakarta, 28 November-4 Desember lalu, Ana yang menjadi juara usai mengalahkan Ani di final dengan skor 6-4, 6-3.

Baca juga: Fitriana juarai nomor tunggal Rajawali Women's Tennis Open 2022

Ani dan Ani pun mengakui torehan dalam dua turnamen ini tak lepas dari pola latihan dan dukungan dari BIN Tennis Club. Keduanya mendapatkan jadwal didukung dengan keberadaan pelatih terbaik nasional, hingga berbagai fasilitas pendukung lainnya.

"Bulan ini sudah mengikuti dua turnamen dan hasilnya menurut saya bagus. Mungkin nanti habis ini akan latihan lagi untuk persiapan tahun depan," kata Fitriani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

BIN melalui Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (Porbin) berkomitmen memajukan olahraga di Indonesia. Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan salah satu kunci dari kesuksesan dalam pembinaan adalah memberikan kesempatan kepada atlet untuk melakoni pertandingan.

"Pada tahun ini, kami mulai memberikan perhatian khusus pada pengembangan olahraga. Sebab, kami ingin ada upaya lagi merintis kembalinya masa kejayaan olahraga prestasi Tanah Air," kata Budi.

Baca juga: 'Si Kembar' Ana dan Ani berhadapan di final tunggal Rajawali Open 2022

Semua cabang yang dikembangkan di BIN, lanjut Budi, telah memiliki atlet dan pelatih profesional.

"Kami menggalang potensi atlet dan pelatih terbaik di tingkat nasional untuk terlibat menciptakan ekosistem pengembangan olahraga prestasi di BIN. Sehingga potensi talenta-talenta terbaik di lembaga ini bisa dikembangkan. Kami melihat peluang besar untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional melalui jalur olahraga," pungkas Budi.

Adapun turnamen Invitasi Tenis Nasional 2022 terselenggara berkat kolaborasi Yayuk Basuki Tennis School (YBTS) dan BIN Tennis Club yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Turnamen yang memperebutkan total hadiah Rp60 juta ini diikuti 16 petenis dengan masing-masing delapan putra dan putri.

Dari sektor putri, selain Ana dan Ani, petenis yang tampil adalah Cylova Zuleyka, Tiara Naura Nur Azizah, Meydiana Laviola, Nurin Nabila, Nazwa Syamsabila dan Anjali Kirana Juniarto.

Sementara untuk putra yakni Rifky Sukma Ramadhan, Claudio Renardi Lumanauw, Panji Untung Setiawan, Renaldi Aqila Arifadli Salim, Iqbal Bilal Saputra, Faisal Aidil, Rindosa Wijaya, dan Rangga Wisnu Kresna.

Dari sektor putra, Rifqi Sukma Ramadhan keluar sebagai juara setelah di final mengalahkan Claudio Renaldi dengan skor 3-6, 6-1, 6-2.

Baca juga: Si kembar Ana dan Ani bertekad balas dendam dalam nomor perseorangan

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022