Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau warga melengkapi vaksinasi menjelang liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebagai upaya menekan angka kasus positif COVID-19 di Ibu Kota.

"Kami tetap terus mengimbau untuk pemenuhan vaksinasi dan seperti yang sudah kita rilis bahwa pencapaian vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 di DKI Jakarta sudah cukup bagus," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti saat ditemui di RSUD Pasar Minggu di Jakarta, Rabu.

Widyastuti menuturkan, untuk angka pencapaian dosis vaksinasi tahap 1 dan 2 sudah bagus, namun untuk dosis ketiga masih sekitar 60 persen sehingga perlu dimasifkan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti menyebutkan, saat ini ada sekitar 200 kasus baru COVID-19 dan sebagian besar tanpa gejala.

Pada kesempatan itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mendorong masyarakat melalui media untuk membantu mengedukasi warga agar memenuhi dosis vaksin ketiga.

"Dengan adanya varian-varian baru, tidak perlu dikhawatirkan karena selama kita terlindungi dengan vaksinasi, InshaAllah gejalanya tidak jadi berat," katanya.

Baca juga: Heru jadikan RSUD Pasar Minggu rujukan penanganan kanker di Jakarta
Baca juga: Dinkes DKI dorong warga usia di atas 40 tahun tes komorbid COVID-19
 
Tangkapan layar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti saat Podcast Rabu Belajar Pemprov DKI Jakarta yang disiarkan secara daring, Rabu (26/10/2022). (ANTARA/YouTube Pemprov DKI Jakarta)
Tak hanya mengimbau melengkapi vaksinasi, pihaknya juga melakukan beberapa langkah untuk tetap menjaga kesehatan warga DKI Jakarta menjelang Natal dan tahun baru.

"Seperti tahun-tahun lalu, pasti ada posko kesehatan dan tentu bukan hanya terkait COVID-19 tapi terkait penanganan kesehatan di tempat umum lainnya," katanya.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan untuk capaian vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta per awal Desember ini, dosis satu mencapai 12,6 juta atau melampaui target 10 juta orang.

Dosis kedua mencapai 10,9 juta, dosis ketiga mencapai 5,29 juta dan dosis keempat mencapai 144.757 orang.

Sedangkan untuk warga lansia, total yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga mencapai 437.515 orang dari target 761.279 lansia di Jakarta.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022