Pengalaman para pencinta alam begitu dibutuhkan
Makassar (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta setiap daerah khususnya di Sulawesi Selatan menggandeng para pencinta alam untuk bergabung dan memperkuat cadangan tenaga kesehatan yang tengah dicanangkan.

"Pengalaman para pencinta alam begitu dibutuhkan ketika terjadi bencana baik tanah longsor, gunung meletus dan sebagainya untuk mempercepat proses penyelamatan dan evakuasi," kata Budi Gunadi Sadikin di Makassar, Rabu.

"Saat kejadian, kita tidak tahu jalurnya kemana, namun jika ada pencinta alam (relawan), bisa lebih mengenal medan sehingga dapat melakukan deteksi cepat ke kampung-kampung yang jumlah korbannya banyak yang tidak bisa diakses bagi orang seperti kita," ujarnya pada acara Pencanangan dan Sosialisasi Cadangan Kesehatan di Makassar.

Ia menjelaskan, kemampuan mengenali medan yang lebih baik karena rutin ke lokasi tersebut, tentu begitu dibutuhkan agar proses penyelamatan lebih cepat.

Baca juga: Menkes : Tenaga cadangan kesehatan penting saat terjadi musibah

Baca juga: Kemenkes siapkan 5 juta Pramuka jadi tenaga kesehatan cadangan


Selain itu, kata dia, sistem digitalisasi juga penting disediakan untuk mendukung penguatan sistem cadangan tenaga kesehatan.

Sistem cadangan kesehatan, kata dia, memang bukan hanya orang yang berpengalaman di bidang kedokteran tapi juga sejumlah relawan yang memiliki pengalaman. Untuk itu diperlukan sinergitas dengan semua pihak yang dinilai mampu memberikan kontribusi saat terjadi bencana.

Ia mengatakan, pentingnya menghadirkan sistem tenaga cadangan kesehatan ini. Menurut dia, pandemi COVID-19 yang sebelumnya menghantam dunia termasuk Indonesia harus benar-benar menjadi pengalaman untuk menyiapkan antisipasi.

"Ini yang ingin saya bangun sekarang. Apalagi jika sistem prosedur sudah jadi, alat-alatnya sudah ada sehingga saat ada kejadian langsung bisa digunakan. Jadi memang butuh pelatihan-pelatihan," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Bali sebut kompetensi relawan kesehatan tak dapat tergantikan

Baca juga: Pemerintah akan beri sertifikat penghargaan untuk tenaga kesehatan


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022