Kami sudah membangun kerja sama dengan Unhas untuk menyediakan tiga dokter spesialis
Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten  Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat menjalin kerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Sulawesi Selatan untuk menyiapkan tiga dokter spesialis di rumah sakit itu.

"Kami sudah membangun kerja sama dengan Unhas untuk menyediakan tiga dokter spesialis," kata Direktur RSUD Pasangkayu dr Welly Patana Salu, pada peresmian dua gedung baru RSUD Pasangkayu di Pasangkayu, Rabu.

Penambahan tiga dokter spesialis tersebut, lanjut Welly Patana Salu, yakni dokter kandungan, dokter anestesi serta dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.

Saat ini RSUD Pasangkayu telah memiliki delapan dokter spesialis dan delapan dokter umum.

"Pihak Unhas sudah memberikan respons dan tahun depan mereka menyediakan tiga dokter spesialis tersebut," ujar Welly Patana Salu.

Baca juga: Unhas-Balai Taman Aketajawe Lolobata Halmahera jajaki kerja sama

Baca juga: Unhas-PAIR berkolaborasi wujudkan ekonomi biru berkelanjutan


Terkait peresmian dua gedung baru RSUD Pasangkayu, Welly Patana Salu mengatakan kedua gedung tersebut yakni Gedung Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (Ponek) serta gedung Pediatric Intensive Care Unit (Picu) dan Neonatal Intensive Care Unit (Nicu).

Gedung Ponek, lanjutnya, berfungsi sebagai tempat pelayanan ibu melahirkan.

"Fasilitas kesehatan dan jumlah ruangan di gedung baru ini lebih memadai dari sebelumnya," katanya.

Kemudian, Gedung Picu Nicu merupakan gedung yang dikhususkan untuk penanganan bayi yang mengalami gangguan kesehatan setelah lahir.

"Pelayanan ini terbilang baru di RSUD Pasangkayu," kata Welly Patana Salu.

Sementara Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa berharap dengan hadirnya dua gedung baru itu, pelayanan kesehatan di RSUD semakin baik dan bermutu serta semakin terjangkau.

"Masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan secara lengkap, tanpa harus ke rumah sakit di Palu Sulawesi Tengah," ujar Yaumil Ambo Djiwa.

Bupati juga meminta gedung baru di RSUD Pasangkayu itu dikelola dengan baik sehingga masyarakat merasa nyaman ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Kita bersyukur tiap tahun RSUD Pasangkayu selalu mendapat bantuan penambahan gedung. Pesan saya, kelola dengan baik rumah sakit kita ini dan percantik gedungnya, biar masyarakat semakin nyaman," kata Yaumil Ambo Djiwa.

Baca juga: Unhas-PAIR kaji pengembangan rumput laut dan surfing di Jeneponto

Baca juga: Unhas-PAIR kolaborasi riset pengembangan potensi Sulawesi Selatan

Baca juga: PAIR Lab didirikan pastikan kesinambungan riset di Sulsel

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022