Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN menunjuk Arisudono Soerono sebagai Direktur Utama baru di PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI.

“Saya akan melanjutkan, meningkatkan dan menguatkan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pendahulu saya demi mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN kepada IDSurvey/PT BKI,” ujar Arisudono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

PT BKI (Persero) sendiri merupakan induk dari Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey, sehingga Arisudono juga akan memulai perannya sebagai Ketua IDSurvey.

IDSurvey sendiri dibentuk sejak 16 Desember 2021 yang merupakan gabungan tiga BUMN di bidang jasa pengujian, inspeksi, sertifikasi, klasifikasi, dan statutoria dengan PT BKI (Persero) sebagai lead holding dan PT Sucofindo serta PT Surveyor Indonesia sebagai anggota holding.

Kementerian BUMN kembali melakukan rotasi pimpinan di jajaran perusahaan di bawah naungannya. Melalui keputusan yang tertuang dalam SK-288/MBU/12/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Biro Klasifikasi Indonesia.

Di dalam surat keputusan tersebut ditetapkan Arisudono Soerono yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur PT Danareksa menjadi Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) per Senin 12 Desember 2022 menggantikan Rudiyanto yang menjabat sejak Desember 2013.
Baca juga: Pengamat apresiasi kinerja Kementerian BUMN di bawah Erick Thohir

Arisudono menjabat Direktur Utama PT Danareksa sejak Oktober 2020 yang sebelumnya sebagai Dirut PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Ia menyelesaikan pendidikan jenjang magister di London Business School (1998-2000) dengan gelar Master of Business Administration dan jenjang sarjana bidang teknik kimia dari Institut Teknologi Bandung (1988 – 1994).

Ia pernah mengikuti pelatihan Risk Management in Banking, INSEAD, Fontainebleau, Perancis (2016) dan Emerging Leaders Executive Leadership Program John F. Kennedy School of Government Harvard University, Cambridge, Amerika Serikat (2014).

Selain Direktur Utama PT BKI (Persero), melalui Keputusan Menteri BUMN No.SK-234/MBU/10/2022, ditetapkan R. Benny Susanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sektor Migas dan Sistem Pembangkit PT Surveyor Indonesia menjadi Direktur Operasi PT BKI (Persero) menggantikan Mohamad Cholil.

Baca juga: Wamen BUMN: Kementerian BUMN lakukan transformasi secara menyeluruh

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022