Selanjutnya adalah bagaimana kita menghadapi tantangan di tengah kondisi global melalui penguatan ketahanan pangan, ketahanan energi, health care, ketahanan digital hingga peningkatan inklusi keuangan disamping juga melakukan pengembangan infrastrukt
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengungkapkan Kementerian BUMN saat ini tengah melakukan transformasi secara menyeluruh melalui perubahan budaya kerja berlandaskan AKHLAK, serta  klasterisasi untuk lebih memfokuskan kinerja pengembangan bisnis secara terarah.

Pahala mengatakan, hal ini berimplikasi terhadap kinerja keuangan BUMN yang terus mengalami perbaikan, hingga mencapai kontribusi penerimaan negara sebesar Rp1.198 triliun dalam rentang waktu 2020 hingga kuartal III 2022.

"Selanjutnya adalah bagaimana kita menghadapi tantangan di tengah kondisi global melalui penguatan ketahanan pangan, ketahanan energi, health care, ketahanan digital hingga peningkatan inklusi keuangan disamping juga melakukan pengembangan infrastruktur," ujar Pahala dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Maka dari itu BUMN pun didorong tidak hanya sekadar menghasilkan laba secara signifikan, tapi juga melakukan transformasi dari sisi budaya kerja serta inovasi bisnis model, sekaligus mendorong pengembangan investasi di berbagai sektor.

Upaya tersebut sangat penting dalam menghadapi tantangan global seperti halnya dekarbonisasi, dimana industri pupuk termasuk berkontribusi paling besar terhadap emisi.

Dengan demikian, inovasi model bisnis perlu dilakukan, seperti transisi energi melalui sumber energi baru terbarukan (EBT) dan memproduksi jenis pupuk lain seperti nano fertilizer yang didukung pengembangan teknologi terbarukan.

"Kita berharap dengan perubahan bisnis model dan risk management, BUMN ke depan bisa memiliki neraca yang semakin kuat dan sehat guna membangun organisasi yang lebih baik," kata Pahala Mansury.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan transformasi yang dijalankan Kementerian BUMN agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Erick Thohir berharap direksi BUMN tetap menjaga nilai competitiveness yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus dibangun pemerintah.

Baca juga: Erick Thohir apresiasi kolaborasi PT Pos bersama Microsoft Indonesia

Baca juga: Erick Thohir puji transformasi sumber daya manusia Telkom

Baca juga: Erick Thohir: Progres transformasi BUMN telah mencapai 80 persen

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022