meskipun UIII merupakan kampus berlabel Islam, visi yang diusungnya bersifat inklusif dan universal
Depok (ANTARA) - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menerima mahasiswa melalui dua jalur yaitu mandiri atau pembiayaan sendiri dan jalur beasiswa untuk tahun akademik 2023-2024.

Rektor UIII Prof Dr Komaruddin Hidayat di Kampus UIII Depok, Jawa Barat, Jumat, mengatakan program admisi melalui jalur mandiri maupun beasiswa ini terbuka untuk warga negara Indonesia maupun asing yang mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan dan latar belakang akademis yang kuat.

Ia mengatakan meskipun UIII merupakan kampus berlabel Islam, visi yang diusungnya bersifat inklusif dan universal. Atas dasar itu, mahasiswa UIII bukan hanya yang beragama Islam tapi juga dari agama lain.

“Jalur beasiswa yang kami tawarkan juga bersifat non-diskriminatif. Karena itu kami mengajak anak-anak muda potensial dari seluruh dunia tanpa memandang latar belakang bangsa dan agama untuk tidak melewatkan kesempatan emas ini," ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik, SDM dan Kemahasiswaan, UIII, Bahrul Hayat, Ph.D menjelaskan bahwa pendaftaran melalui jalur mandiri atau pembiayaan sendiri dibuka untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin belajar di Kampus UIII dengan biaya mandiri.

Baca juga: UIII menerima mahasiswa baru dalam dan luar negeri

Baca juga: BPJPH dorong UIII jadi pusat halal berskala internasional


Sedangkan untuk program beasiswa, jelasnya, yang ditawarkan ialah beasiswa Pemerintah Indonesia yang dikelola oleh UIII dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Beasiswa ini dirancang untuk memberi bantuan beasiswa bagi warga negara Indonesia dan asing untuk mengambil Program Magister dan Doktor di UIII.

Periode beasiswa untuk Program Magister berlangsung selama 2 tahun, dan jumlah beasiswa yang tersedia pada tahun akademik 2023/2024 sebanyak 200 mahasiswa.

Sedangkan untuk Program Doktor, periode beasiswa berlangsung selama 4 tahun, dan jumlah beasiswa yang tersedia pada tahun akademik 2023/2024 sebanyak 100 mahasiswa. Beasiswa untuk Program Doktor, ujar Bahrul, berasal dari (LPDP), diperuntukkan untuk UIII.

Dijelaskan bahwa program beasiswa UIII merupakan bantuan keuangan untuk pelamar terpilih. Para pelamar dapat mengajukan lamaran untuk Program Magister (MA) atau Doktor (Ph.D.) pada salah satu dari 4 (empat) fakultas yang saat ini tersedia di UIII, yakni Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Seluruh program akademik dan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Khusus untuk Fakultas Studi Islam, di samping bahasa Inggris, juga disediakan kelas yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar.

Bahasa Indonesia menjadi persyaratan bagi mahasiswa yang mengambil kajian dan penelitian tentang Indonesia dan Asia Tenggara untuk tesis dan disertasi.

Baca juga: Hari kedua pengosongan lahan UIII tuntaskan 27 bidang

Baca juga: KSP upayakan penyelesaian kendala operasional Kampus UIII

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022