Momentum ini sekaligus dapat menumbuhkan semangat toleransi serta keharmonisan di kota Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengatakan nyanyian rohani Natal atau Christmas Carol di tiga titik di Ibu Kota dapat menumbuhkan harmoni di Jakarta.

"Momentum ini sekaligus dapat menumbuhkan semangat toleransi serta keharmonisan di kota Jakarta," kata Heru saat meninjau nyanyian rohani di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Jumat.

Pada perayaan Natal tahun ini, nyanyian rohani kembali hadir serentak di tiga lokasi, yaitu Terowongan Kendal, jalur pedestrian Bundaran HI, dan kawasan wisata Kota Tua 19-23 Desember 2022.

Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan berbagai pihak dan para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan perayaan Natal di Jakarta, termasuk yang digelar di ruang publik.

Kerja sama itu di antaranya dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para tokoh agama, lembaga keagamaan, komunitas keagamaan, komunitas paduan suara, serta warga Jakarta.

Heru menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, aparat, para pemangku kepentingan dan warga Jakarta yang telah bersinergi mendukung rangkaian kegiatan perayaan Natal tahun ini.

Sehingga, pelaksanaan perayaan Natal tahun ini berlangsung kondusif, aman dan tertib.

"Kegiatan ini untuk menyemarakkan, meramaikan perayaan Natal, ini adalah kegiatan bagus. Tentunya kami harus saling menghargai, menghormati, bagi yang merayakan Natal," ucapnya.

Sementara itu, adanya paduan suara rohani itu mendapatkan sambutan antusias dari warga yang menyaksikan dan terhibur mendengarkan senandung merdu dari para pelantun Kidung Natal.

Mereka pun berharap, untuk perayaan Natal tahun depan, lokasi kegiatan Christmas Carol dapat ditambah.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan Pemprov DKI Jakarta tentunya menyambut baik masukan dari warga untuk peningkatan ke depan.

"Kami sangat mendukung untuk perbaikan ke depan. Jadi, dari apa yang sudah kami lakukan tentunya telah mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan untuk menambahkan berbagai titik agar kami membuat seperti ini," jelasnya.

Lantunan nyanyian Natal itu ditampilkan oleh sejumlah kelompok paduan suara dari komunitas seni dan kepemudaan di Jakarta, yaitu Jakarta Youth Choir, Unika Atmajaya, Y2K Studio, Shankara, dan Kancatala.

Masing-masing penampil menyanyikan sekitar 10-14 lagu yang dimulai pukul 15.30-17.30 WIB.

Adapun rangkaian perayaan Natal lainnya yakni Festival Lampu pada 22 Desember 2022-5 Januari 2023, di Taman Sumenep Promenade, Jakarta Pusat dan Pelataran Museum Sejarah, Jakarta Kota Tua dan perayaan Natal bersama di Ancol pada 13 Januari 2023, yang diikuti oleh ASN dan pegawai BUMD DKI Jakarta.
Baca juga: Pemkot Jaksel tingkatkan pengamanan seluruh gereja jelang Natal
Baca juga: Rumah Pertamina Siaga rest area KM 57 siap layani pemudik di Tol Japek
Baca juga: Polda Metro lakukan sterilisasi gereja jelang perayaan Natal

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022