Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita yang disiarkan ANTARA pada laman Humaniora dan Warta Bumi selama sepekan 18-25 Desember 2022 menarik perhatian pembaca, mulai dari Mentan jamin komoditi selama Natal dan tahun baru, hingga banjir rendam rumah warga di Makassar.

 

Selengkapnya dapat anda simak tujuh rangkuman berita dalam tautan berikut:

 

1. Mentan jamin komoditi pangan aman hingga Natal dan tahun baru

 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan untuk 12 komoditi pangan jelang perayaan Natal tahun 2022 dan tahun baru 2023 dijamin aman.

"Komoditi kita, terutama 12 pangan itu sangat aman, katakanlah sampai Desember. Untuk Natal dan tahun baru masih bisa berjalan aman," ujar Mentan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

 

2. Gereja Pasundan Rangkasbitung lakukan persiapan perayaan Natal 2022

 

Gereja Pasundan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten melakukan sejumlah persiapan menjelang perayaan Natal 2022 termasuk penyiapan pohon Natal.

"Kami menargetkan Kamis (20/12) sudah rampung penyiapan pohon Natal termasuk hiasannya," kata Majelis Bidang Penelitian Pembinaan dan Kepanitiaan (Litbinpan) Gereja Pasundan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Sarjono di Lebak, Selasa.

 

3. WHO klasifikasikan polio di Indonesia wabah yang diwaspadai

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan penyakit Polio yang terjadi di Indonesia sebagai Diseases Outbreak News (DONs) atau wabah penyakit yang perlu diwaspadai, sebab sudah bersirkulasi dalam bentuk transmisi lokal di tengah masyarakat setempat.

 

4. Menteri Bintang: Hari Ibu adalah milik kita semua

 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan peringatan Hari Ibu menjadi momentum meneladani fondasi perjuangan para pahlawan perempuan yang namanya tetap harum hingga kini dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

 

5. 68,2 juta orang sudah terima dosis ketiga vaksin COVID-19

 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat sebanyak 68.201.141 orang sudah menerima dosis ketiga atau booster pertama dari vaksin COVID-19, setelah bertambah 19.402 orang hingga Jumat pukul 12.00 WIB.

 

6. MUI ajak masyarakat jaga kolaborasi dan harmonisasi pada Natal 2022

 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Nasrani untuk menjaga kolaborasi dan harmonisasi pada perayaan Natal 2022.

Wakil Ketua MUI Marsudi Syuhud memandang sangat penting adanya kolaborasi serta upaya untuk saling menghormati secara bersama-sama, bahkan tanpa adanya sekat perbedaan agama.

 

7. Seratusan rumah warga pulau di Makassar teredam banjir rob

 

Seratusan rumah warga pulau terendam air dan sebagian rusak akibat diterjang banjir rob serta angin kencang mulai 23 hingga 24 Desember 2022 di Sangkarrang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022