Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan KJRI dan ITPC Osaka dalam upaya meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Kagawa
Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) Osaka mendorong pengusaha di Prefektur Kagawa Jepang untuk berinvestasi di Indonesia.

Ajakan itu disampaikan di hadapan Gubernur Toyohito Ikeda beserta jajaran, anggota Parlemen serta sejumlah pengusaha Prefektur Kagawa yang tergabung dalam Asosiasi Persahabatan Indonesia dan Kagawa di Sizucu Kagawa.

“Indonesia dan Jepang sebagai dua negara mitra strategis dan akan memperingati hubungan diplomatik ke-65 pada 2023, serta didukung dengan kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan Jepang sebagai Ketua G-7 pada 2023, perlu terus memperkuat kerja sama bagi kemakmuran rakyat kedua negara," kata Konjen RI Osaka, Diana Sutikno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Untuk itu, lanjut Diana, perusahaan dan pengusaha di Prefektur Kagawa, terutama di bidang infrastruktur, kesehatan dan produk pertanian, didorong untuk memperluas investasinya di Indonesia.

Baca juga: Pelaku bisnis Indonesia ungkap tantangan masuki pasar Jepang

Ikeda menyambut baik kehadiran perwakilan RI di Osaka serta mendukung upaya peningkatan kerja sama di berbagai sektor.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan KJRI dan ITPC Osaka dalam upaya meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Kagawa. Kedepannya hubungan yang sudah baik dapat terus dikuatkan melalui kerja sama di berbagai sektor”, katanya.

Selain dikenal dengan makanan udonnya, Kagawa juga merupakan lokasi sejumlah perusahaan terkemuka di Jepang di bidang konstruksi mesin, pembangunan kapal, otomotif dan mesin listrik.

Menurut Diana, Kagawa merupakan prefektur di wilayah kerja KJRI Osaka yang memiliki potensi besar untuk turut mendukung kerja sama Jepang dengan Indonesia.

Salah satu importir asal Kagawa, Koichi Yasogawa, telah berperan aktif dalam mempromosikan kopi dan coklat asal Indonesia, termasuk kopi Ciwidey yang diolah menjadi wine coffee di Lyu Ryu Think Café di Sizucu.

Fasilitasi serupa Sunnyside field juga telah diresmikan pada Maret 2022 oleh Gubernur Kagawa sebelumnya Keizo Hamada bersama Diana.

“Sunnyside Fields merupakan Multipurpose Commercial Facility dengan berbagai fasilitas terutama Craft Coffee & Chocolate secara khusus diimpor dari Indonesia, sebuah one stop place di wilayah Manno Kagawa, Jepang Barat untuk menikmati suasana perkebunan yang sejuk, jauh dari keramaian pusat kota dan menikmati harumnya kopi serta adiksinya coklat Indonesia” kata Konjen, menurut pernyataan itu.

Yasogawa bersama sang putera, yang didampingi Kementerian Perdagangan Indonesia dan KJRI Osaka pernah berkunjung ke sejumlah wilayah perkebunan coklat dan kopi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali untuk mencari biji kopi dan biji kakao terbaik sekaligus bertemu dengan para pemangku kepentingan setempat.

Selain sektor investasi dan perdagangan, saat ini sekitar 1.000 WNI tengah menempuh studi dan bekerja sebagai pemagang serta tenaga ahli di Kagawa. Di sektor kesehatan, khususnya di keperawatan lansia, masih terbuka kesempatan luas untuk para tenaga perawat lansia terdidik di Indonesia untuk bekerja di sektor tersebut, tulisnya.

​KJRI akan mendukung upaya perluasan kerja sama di bidang ketenagakerjaan di sektor kesehatan dan juga pelatihan SDM melalui kerja sama dengan pihak universitas maupun perusahaan lokal untuk industri pangan olahan.

KJRI dan ITPC Osaka akan memfasilitasi tindak lanjut kerja sama termasuk peluang investasi dari Kagawa ke Indonesia, termasuk untuk mendukung pembangunan IKN.

Baca juga: Indonesia dan Jepang menuju episentrum pemulihan global
Baca juga: CEO Yamaha Indonesia Minoru Morimoto kembali ke Jepang

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022