Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut Masjid Al Jabbar yang baru diresmikan merupakan masjid dengan fasilitas terlengkap di Indonesia.
 
Selain tempat ibadah, menurutnya, masjid yang berada di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, itu memiliki museum dan galeri tentang keislaman secara digital. Kemudian, kata dia, area di sekeliling bangunan utama masjid pun memiliki beragam fasilitas.
 
"Kemudian kolamnya dan danau menjadi tempat rekreasi, ada taman kota mengelilingi dengan tema 25 nabi dan rasul," kata Ridwan Kamil usai kegiatan peresmian, Jumat.
 
Selain itu, di belakang masjid itu terdapat pusat jajanan atau food court untuk melengkapi fasilitas bagi masyarakat yang ingin berwisata ke ikon baru Jawa Barat itu.

Baca juga: Wakil Presiden berharap Masjid Al Jabbar jadi pusat pemberdayaan umat

Baca juga: Masjid Al Jabbar Bandung dipenuhi jamaah saat Shalat Jumat perdana
 
Adapun museum di Masjid Al Jabbar itu bakal mulai dibuka pada Februari 2023. Karena, kata dia, pihaknya masih menyusun sumber daya manusia untuk mengelola fasilitas-fasilitas yang ada.
 
"Jadi masih ada proses yang sifatnya manajemen SDM-nya yang perlu dibereskan. Yang baru beres adalah infrastrukturnya," kata dia.
 
Untuk itu, Masjid Al Jabbar merupakan bangunan ikonik kedua yang dimiliki Jawa Barat selain Gedung Sate. Dia pun berharap masjid itu bisa menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat di Jawa Barat.
 
"Gedung Sate sudah 100 tahun lebih, berikutnya Al Jabbar yang Insyallah umurnya panjang seperti Gedung Sate," katanya.*

Baca juga: Gubernur Jawa Barat: Masjid Al Jabbar ramah lingkungan

Baca juga: Mendag doakan Ridwan Kamil pimpin RI di peresmian Masjid Al Jabbar

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022