Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar simulasi rekayasa arus lalu lintas pada ruas Jalan Parangtritis, Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Jalan Samas dalam rangka pengamanan malam pergantian tahun baru 2023.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Ihsan melalui keterangan tertulis Humas Polres di Bantul, Sabtu, mengatakan simulasi arus lalu lintas dilakukan karena pada malam pergantian tahun, ruas jalan tersebut akan dipadati masyarakat yang merayakan akhir tahun.

"Ini adalah kegiatan simulasi rekayasa lalu lintas sebagai persiapan pengamanan perayaan tahun baru," kata Kapolres.

Dalam simulasi rekayasa lalu lintas tersebut, kata dia, jika terjadi penumpukan arus, maka arus kendaraan akan dialihkan untuk menghindari kemacetan di jalur menuju arah objek wisata Pantai Parangtritis.

"Rekayasa pengalihan arus lalu lintas kita lakukan mulai dari Jalan Parangtritis atau tepatnya simpang tiga Sempalan Pundong," katanya.

Dia melanjutkan, kemudian dari simpang tiga Sempalan Pundong dialihkan melalui jembatan Pundong, ke arah barat menuju ke Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis yang berada dalam sebelah selatan Jembatan Kretek.

Dia mengatakan, kemudian arus kendaraan diarahkan lurus menuju simpang tiga JJLS, dan setelah itu masuk ke kawasan obyek wisata Parangtritis.

"Di kawasan obyek wisata Parangtritis para pengunjung diimbau agar menggunakan kantong-kantong parkir yang telah tersedia," katanya.

Dia mengatakan, sementara untuk arus kepulangan dari Parangtritis akan diarahkan melalui simpang tiga Depok maupun JJLS dan Jembatan Kretek II ke barat. Kemudian simpang tiga Pengklik ke arah utara menuju Jalan Bantul dan Kota Yogyakarta.

"Dengan dilaksanakan kegiatan simulasi rekayasa lalu lintas ini, diharapkan pengamanan malam pergantian tahun di Bantul berjalan aman lancar dan tertib," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022