Pamekasan (ANTARA) - Polres Pamekasan, Jawa Timur melakukan penutupan jalur lalu lintas menuju Kota Pamekasan pada Malam Pergantian Tahun Baru 2023 ini, guna mencegah terjadinya penumpukan massa di wilayah tersebut.

Menurut Kasat Lantas Polres Pamekasan AKP Mokhamad Munir di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu sore, selain dalam rangka mencegah terjadinya penumpukan massa di dalam kota, penutupan jalur lalu lintas menuju pusat Kota Pamekasan ini juga untuk mengurangi kemacetan dan mencegah terjadinya aksi massa yang tidak diinginkan.

"Karena itu, semua jalur lalu lintas menuju Kota Pamekasan mulai pukul 18.30 WIB malam kita tutup, akan kita buka lagi nanti sekitar pukul 01.00 WIB pada tanggal 1 Januari 2023," katanya, menjelaskan.

Munir menjelaskan, warga luar Pamekasan, seperti dari Kabupaten Sumenep yang hendak melalui Pamekasan diarahkan untuk melalui jalur alternatif, yakni melalui Jalan Raya Tambung dan tembus di terminal bus Ceguk, Pamekasan.

"Demikian juga yang dari arah Sampang juga kami arahkan untuk melewati jalur bus, yakni jalur lingkar selatan Pamekasan," katanya, menjelaskan.

Kasat Lantas menjelaskan, sejumlah titik jalur lalu lintas juga dilakukan rekayasa. Di antaranya, di Simpang tiga Goyang Lidah ditutup dan dialihkan ke Utara Jalan Ronggosukowati, Simpang 3 Cemerlang ditutup dialihkan ke Jalan Niaga, Simpang POS 1 Jalan Jokotole ditutup dan dialihkan ke Jalan Jingga, POS 4 Pegadaian Jalan Diponegoro juga ditutup dan dialihkan ke utara Jalan Amin Jakfar.

Sementara yang jalur Pasar Sore dialihkan ke Jalan Raya Parteker atau Jalan Cokroatmojo, di Simpang 3 Kantor Pajak dialihkan ke barat Jalan Abdul Aziz dan di Simpang 3 Jalan Kesehatan itu dialihkan ke Jalan Balaikambang dan yang di Simpang 3 Jalan Kemuning arah Jalan Kamboja, Pamekasan.

Meskipun beberapa jalur Kota Pamekasan ditutup, namun, menurut Munir, ada beberapa hal yang diperbolehkan karena menjadi skala prioritas.

Di antaranya mobil ambulans atau warga yang hendak membeli obat di apotek yang menjadi objek pengalihan arus lalu lintas tersebut.

Kasat Lantas AKP Mokhammad Munir juga mengimbau, agar masyarakat tidak merayakan malam tahun baru secara berlebihan.

"Lebih baik melaksanakan kegiatan bernilai positif bersama keluarga di rumah masing-masing," katanya.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022