Medan (ANTARA) - Sebanyak 2.277 personel gabungan terlatih dari Polrestabes Medan dikerahkan dalam pengamanan perayaan Tahun Baru 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara.

Pasukan gabungan TNI-Polri disebar di 25 titik yang rawan dari tindakan kejahatan di jalanan.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda di Medan, Sabtu, mengatakan pasukan juga melakukan pengamanan ratusan gereja, tempat keramaian, dan jalur wisata Medan-Sibolangit.

Ia menyebutkan pasukan ini bisa melakukan penindakan komplotan pencurian kendaraan bermotor yang ingin melakukan aksi pencurian pada perayaan Tahun Baru 2023.

"Ada 1.541 personel Polrestabes Medan, unsur TNI sebanyak 196 dan instansi terkait 540 personel telah siap bergerak memberikan rasa aman di masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Polres Aceh Barat kerahkan 300 personel amankan libur tahun baru 2023

Ia mengatakan pasukan ini akan menindak tegas para pelaku yang membuat resah masyarakat Medan.

"Kita kawal perayaan Tahun Baru 2023 hingga sukses," katanya.

Valentino mengaku akan terjadi kepadatan arus lalu lintas di beberapa titik di Medan yang akan merayakan Tahun Baru.

Ia menambahkan masyarakat sudah tidak dibatasi aktivitasnya sehingga perlu menjaga protokol kesehatan (prokes) di lapangan.

"Kita harapkan masyarakat juga berperan aktif menjaga suasana aman dan kondusif pada malam Tahun Baru 2023," jelasnya.

Ia meminta kepada masyarakat juga menghindari tempat seputaran Lapangan Benteng karena adanya rekayasa lalu lintas untuk menyukseskan acara zikir akbar.

Selain itu, di kawasan Jalan Zainul Arifin dan Jalan Balaikota didirikan tenda-tenda untuk menggerakkan usaha pelaku UMKM.

"Saya harapkan semua kegiatan yang ada di tempat yang telah ditentukan tersebut berjalan sukses dan mengangkat usaha UMKM itu," kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda.

Baca juga: Polresta Bogor bakal putar balik mobil terbuka arak-arakan
Baca juga: Kapolda Bali minta warga hindari mabuk miras saat rayakan tahun baru

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023