Jakarta (ANTARA) - Daerah Shandong di China menerbitkan Surat Keterangan Asal (SKA) pertama di bawah Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) ke Indonesia seiring mulai berlakunya perjanjian tersebut pada awal Januari 2023.

"Dengan sertifikat ini, tarif dapat diturunkan dari 10 persen menjadi nol saat barang tiba di Indonesia," kata Sun Junzhi, manajer umum perusahaan. "Ini berarti salmon kami dapat terbebas dari bea cukai di Indonesia hingga lebih dari 100.000 yuan (1 yuan = Rp2.237)."

Pada 2 Januari, Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional secara resmi berlaku di Indonesia. Data bea cukai menunjukkan bahwa ASEAN adalah pasar perdagangan terbesar untuk Shandong, dan Indonesia adalah tujuan ekspor preferensial terbesar di ASEAN.

Dalam 11 bulan pertama 2022, nilai ekspor Shandong ke Indonesia mencapai 39,01 miliar yuan, naik 29,3 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Ketika RCEP berlaku di Indonesia, salmon filet beku akan memenuhi syarat untuk pemberlakuan tarif nol selama Kandungan Nilai Regional (Regional Value Content/RVC) tidak kurang dari 40 persen. Ini mengurangi biaya tarif kami di Indonesia hingga lebih dari dua juta yuan per tahun," kata Sun.

RVC merupakan persentase tertentu dari nilai barang yang berasal dari negara anggota Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) agar barang tersebut dapat dianggap sebagai barang asal (originating good). Di bawah FTA ASEAN, persentase ini secara umum ditetapkan 40 persen dari Free on Board (FOB).

Bagi industri pengolahan produk akuatik berpenghasilan rendah, konsesi tarif seperti ini menjadi berita dan peluang yang menggembirakan, yang akan berkontribusi untuk menstabilkan permintaan dan mendorong pertumbuhan ekspor, papar Sun.

Qingdao Countree Food Co., Ltd. adalah perusahaan yang berspesialisasi dalam produk buah-buahan dan sayuran kalengan. Perusahaan ini mengimpor buah-buahan tropis dan bahan mentah lainnya dari Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, dan mengolah berbagai macam buah kalengan untuk diekspor dengan bahan dalam negeri sebagai bahan utama.

"Sekarang lebih mudah bagi kami untuk mencapai ambang batas manfaat," kata ketua perusahaan Shang Huiming, seraya menambahkan bahwa dengan kebijakan RCEP yang menguntungkan, impor nanas, jus nanas, dan bahan mentah lainnya dari Indonesia pada 2023 akan meningkat minimal 15 persen (yoy).

Sebuah platform internet baru telah disiapkan oleh RCEP Shandong Enterprise Service Center, yang menyediakan lebih dari 100.000 layanan pertanyaan kepada hampir 6.000 pengguna, membantu mereka memanfaatkan aturan-aturan RCEP dengan lebih baik.

Pusat itu berencana mendirikan kantor di Indonesia guna menyediakan konsultasi mengenai kebijakan investasi dan hukum komersial RCEP, promosi perdagangan, serta layanan pergudangan dan logistik untuk perusahaan China dan Indonesia, menurut Wang Ke dari pusat itu. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023