itu merupakan suatu peluang dan tantangan bagi kami untuk menyikapi kelonggaran
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim mengatakan pemberhentian atau pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi tantangan tersendiri, khususnya dalam hal layanan keimigrasian.

"Dengan dicabutnya PPKM, itu merupakan suatu peluang dan tantangan bagi kami untuk menyikapi kelonggaran dari aturan tersebut," kata Silmy Karim di Jakarta, Rabu.

Tantangan yang dimaksud itu ialah jangan sampai masyarakat, terutama petugas imigrasi di berbagai daerah, justru menjadi abai terhadap aspek kesehatan setelah pencabutan kebijakan PPKM di Tanah Air.

Pada prinsipnya, menurut mantan direktur utama PT Krakatau Steel Tbk. itu, Ditjen Imigrasi akan menyesuaikan kebijakan yang berlaku saat ini karena imigrasi dituntut memajukan iklim investasi dan sektor pariwisata di Indonesia.

"Kami mengikuti perkembangan yang ada dan diharapkan bisa merespons perkembangan dunia internasional yang berkaitan dengan keimigrasian," jelas mantan direktur utama PT Pindad (Persero) tersebut.

Baca juga: Menkumham: Tingkatkan kecepatan layanan imigrasi untuk gaet investor

Saat Pemerintah menerapkan PPKM, lanjutnya, maka otomatis hal itu membawa dampak penurunan pada iklim investasi maupun bisnis. Oleh karena itu, pencabutan PPKM diharapkan dapat kembali memacu para investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia, sehingga perekonomian nasional dapat tumbuh.

Sementara itu, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan tugas-tugas keimigrasian menjadi semakin dinamis dan berkembang. Yasonna berharap Silmy Karim, yang baru dilantik sebagai Dirjen Imigrasi, dapat mengikuti perkembangan keimigrasian.

"Khususnya, mempelajari beberapa negara yang dapat memberikan kecepatan layanan pelayanan keimigrasian," kata Yasonna.

Dengan demikian, berbagai kebijakan keimigrasian yang diterapkan dapat menarik para investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Baca juga: Silmy Karim siap laksanakan arahan Jokowi tingkatkan layanan imigrasi
Baca juga: Menkumham lantik Silmy Karim sebagai Dirjen Imigrasi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023