Wujudnya, yakni melalui penetapan kewajiban pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan mengenakan pakaian adat atas 12 etnis di Kota Medan pada setiap hari Jumat
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan, Sumatera Utara,  Bobby Nasution mendapatkan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023, setelah salah satu programnya di bidang sandang dipresentasikan di kantor PWI, Jakarta.

"Sejak pandemi COVID-19, perekonomian menurun. Kami putar otak, berpikir bagaimana membangkitkan kembali perekonomian," kata Bobby dalam taklimat media yang diterima di Medan, Sumut, Kamis.

Di hadapan tim dewan juri yang terdiri atas Ninok Leksono, Nungki Kusumastuti, Agus Dermawan T, Atal S Depari dan Yusuf Susilo Hartono, lanjut dia, salah satunya yang dipaparkannya adalah kebijakan pakaian adat.

Sebab melalui kebijakan itu, katanya, maka terjadi geliat bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal, terutama para perajin pakaian adat.

Wujudnya, kata dia, yakni melalui penetapan kewajiban pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan mengenakan pakaian adat atas 12 etnis di Kota Medan pada setiap hari Jumat.

Program ini diapresiasi tim juri PWI, di mana Anugerah Kebudayaan PWI 2023 akan diserahkan di hadapan Presiden Joko Widodo saat Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Kota Medan pada 9 Februari mendatang.

"Terbukti program kami ini berhasil membangkitkan geliat perekonomian di Medan, UMKM bangkit, dan perajin bangkit," kata suami Kahiyang Ayu itu dengan mengenakan pakaian adat Batak Toba.

​​​​​​Selain itu, ia juga banyak menyampaikan upayanya melakukan pembinaan UMKM, salah satu mendorong UMKM agar naik kelas lewat optimalisasi digitalisasi.

Pemkot Medan juga melakukan kemajuan di bidang pembayaran produk UMKM dengan senantiasa membeli, dan memesan produk UMKM lokal yang telah masuk dalam E-Katalog.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution mempresentasikan tema "Digitalisasi Produk Sandang Pemkot Medan dalam Pengembangan Ekonomi Kerakyatan" di hadapan tim dewan juri di kantor PWI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (4/1).

"Bahkan pembayaran setiap produk UMKM yang kita pesan dibayarkan, tidak harus menunggu berbulan-bulan. Hal itu memungkinkan, setelah kita patenkan program kartu kredit pemerintah daerah," kata Bobby.

Ketua Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI, Yusuf Susilo Hartono mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Nungki Kusumastuti memuji langkah Pemkot Medan tersebut.

"Di Medan saat ini sudah banyak perubahan ke arah yang lebih baik. Semoga program yang diusung Mas Bobby membantu masyarakat, dan meningkatkan kebudayaan serta perekonomian," kata Yusuf.

Wali kota juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh PWI. "Kepada Ketua Umum PWI Pak Atal S Depari dan seluruh tim juri saya ucapkan terima kasih atas dukungan selama ini," katanya.

Kolaborasi dengan PWI Sumut maupun PWI Sumut tidak lepas dari upaya membantu Pemkot Medan menyampaikan setiap program yang diusung, demikian Bobby Nasution.

Baca juga: PWI tetapkan Sumatera Utara jadi tuan rumah HPN 2023

Baca juga: Wali kota: Medan siap jadi tuan rumah HPN 2023

Baca juga: PWI dan Pemprov Sumut bahas kesiapan tuan rumah HPN 2023

Baca juga: Dewan Pers bahas kemungkinan beri penghargaan Azyumardi saat HPN



 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023