Jakarta (ANTARA) - Sejumlah toko buku di Spanyol sudah menjual memoar dari Pangeran Harry dari kerajaan Inggris, Kamis (5/1), lima hari sebelum buku itu resmi diterbitkan.

Pewarta Reuters membeli salinan buku versi bahasa Spanyol "Spare", yang akan terbit pada 10 Januari, di toko buku besar di Madrid.

Sekilas membaca isi buku tersebut, bisa dipastikan ada bagian yang sempat diwartakan sebelumnya, di mana Guardian melaporkan putra Raja Charles itu mengaku dipukul hingga terjatuh ke lantai saat berargumen dengan William, penerus tahta Inggris.

Upaya pertama membeli buku itu gagal. Di salah satu toko, penjual mengatakan semua sudah ludes.

Di toko lain, bukunya dipajang di rak tapi penjaga toko mengambilnya setelah pewarta bertanya mengapa buku lebih cepat dijual di Spanyol ketimbang di Inggris.

Juru bicara penerbit Spanyol, Plaza y Janes Editores yang dimiliki Penguin Random House mengatakan: "Protokol yang sangat jelas telah diambil dan dikomunikasikan kepada konsumen sehingga bukunya takkan dijual sebelum tanggal rilis."

"Semua merujuk kepada fakta bahwa sebagian konsumen melanggar komitmen dengan penerbit dan menjualnya lebih dulu sebelum tanggal yang disepakati."

Baca juga: Pangeran Harry belum tentu datang ke penobatan Raja Charles

Baca juga: Bocoran buku ungkap Pangeran Harry pernah diserang Pangeran William

Baca juga: Harry anggap tak ada "keinginan berdamai" di tengah keretakan istana

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023