Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau warga jangan dulu berenang di laut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena cuaca buruk.

“Kami mengimbau agar masyarakat jangan dulu berenang di laut, sesuai imbauan yang juga pernah disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad agar tidak dulu berenang di laut karena cuaca masih belum stabil,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Hang Nadim Batam Suratman saat dihubungi melalui telepon di Batam, Sabtu.

Ia menjelaskan dari hasil pemantauan BMKG Hang Nadim Batam, sampai saat ini kondisi cuaca di Kepulauan Riau masih berpotensi terjadinya hujan sedang serta angin kencang sehingga terjadi peningkatan intensitas pasang air laut serta arus dan gelombang air laut.

“Jadi lebih baik jangan dulu berenang di laut daripada terjadi sesuatu hal-hal yang merugikan,” kata dia.

Baca juga: BMKG peringatkan potensi angin kencang hingga 46 km/jam di Bali

Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang Slamet Riyadi mengatakan pihaknya selalu menyiagakan petugas Basarnas di setiap lokasi yang rawan terjadi kecelakaan, terutama tempat wisata laut.

“Kami selalu menyiagakan petugas di setiap wilayah-wilayah rawan terjadinya kecelakaan, terutama di tempat-tempat wisata laut,” ucapnya.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan saat berwisata di laut

“Ikuti imbauan yang disampaikan pemerintah, karena lebih baik mencegah dari pada nantinya terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Baca juga: Cuaca buruk, Kapal DBS III ke Sumenep angkut 173 penumpang telantar
Baca juga: Pelni ungkap upaya atasi keterlambatan kapal saat cuaca buruk
Baca juga: BBMKG Makassar peringatkan cuaca ekstrem hingga 9 Januari di Sulsel


Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023