Jayapura (ANTARA) -
Koramil 1708-01/Biak Timur (BT) membantu warga menabur bibit cabai yang mana sesuai dengan arahan pemerintah yakni melakukan penanaman komoditas pangan pada lahan kosong di Kampung Rimba Jaya, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
 
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil 1708-01/Biak Timur Sertu Wahyu Hendro Patrias Setiawan dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Sabtu, mengatakan pemberian pendampingan kepada petani cabai di wilayah binaan dalam kegiatan menabur bibit tersebut.
 
"Selain membantu melakukan penaburan bibit cabai, perawatan hingga masa tanam dalam kesempatan tersebut kami juga memberikan motivasi terhadap petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam," katanya.
 
Menurut Wahyu, dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami tanaman yang lainnya seperti ubi, jagung, singkong dan lainnya dapat meningkatkan ketahanan pangan di wilayah.
 
"Kegiatan pendampingan terhadap petani di wilayah binaan tersebut juga merupakan salah satu peran babinsa guna membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendampingan pada sektor pertanian," ujarnya.
 
Dia menjelaskan semoga dengan pemberian pendampingan pertanian yang dilakukan dapat memberikan motivasi kepada petani yang lain untuk lebih bersemangat dalam memanfaatkan lahan yang ada menjadi lahan yang produktif.
 
"Kami berharap kegiatan pembukaan lahan dapat di ikuti oleh masyarakat lainnya," katanya.
 
Sementara itu, salah satu petani di Kampung Rimba Jaya Matias Usyor mengatakan terima kasih kepada babinsa yang sudah membantu kegiatan penyemaian bibit cabai.
 
"Dengan hadirnya babinsa diharapkan dapat memotivasi petani yang lain untuk lebih produktif dalam memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam, sehingga dapat membantu perekonomian, "katanya.
 
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023