Jayapura (ANTARA) -
Koramil 1708-02/Biak Utara membantu petani dalam melakukan penyemprotan pestisida ke tanaman kangkung agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh hama di Kampung Mambesak, Distrik Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
 
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1708-02/Biak Utara Sertu F. Duwila dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Minggu, mengatakan penyemprotan cairan pembasmi hama ini dilakukan pada pagi hari di mana saat sinar matahari tidak terlalu panas.
 
"Karena hama pada tanaman tidak terlalu banyak bergerak dan tidak efektif ketika cuaca masih dingin," katanya.
 
Menurut Duwila, penyemprotan hama pada tanaman kangkung di lokasi kebun milik Poli Kafiar.
 
"Dengan penyemprotan tersebut mudah-mudahan hama tanaman kangkung bisa mati dan tanamannya subur serta bisa sesuai yang diharapkan para petani pada umumnya," ujarnya.
 
Dia menjelaskan keberadaan hama ataupun gulma sangat mengganggu tanaman pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan harus dibasmi melalui penyemprotan dengan herbisida tertentu.
 
"Karena bila dibiarkan akan mengakibatkan tanaman jagung kekurangan unsur hara, air dan cahaya yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen," katanya.
 
Dia menambahkan dengan selalu berinteraksi dengan petani, babinsa tidak saja melaksanakan tugas mendukung keberhasilan program ketahanan pangan, tetapi juga bisa melakukan komunikasi sosial (komsos) dalam upaya memantapkan Bintahwil (Pembinaan Pertahanan Wilayah).
 
Sementara itu, pemilik kebun kangkung di Kampung Mambesak Poli Kafiar mengatakan pihaknya sangat berterima kasih karena mendapatkan bantuan untuk melakukan penyemprotan pestisida kepada tanaman kangkung.
 
"Kami sangat berterima kasih atas bantuan karena telah melaksanakan penyemprotan di kebun untuk itu ke depan silaturahmi tetap terjaga, " katanya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023