Jakarta (ANTARA) - Grup band U2 disebut akan merilis album "Songs of Surrender" pada bulan Maret, berisi 40 lagu lama yang direkam ulang.

Meski belum mengumumkannya secara resmi, namun U2 telah berbagi informasi mengenai hal tersebut kepada penggemarnya. Proyek yang telah lama ditunggu-tunggu ini akan keluar pada 17 Maret.

"Faktanya adalah sebagian besar pekerjaan kami ditulis dan direkam ketika kami masih sangat muda. Lagu-lagu itu berarti sesuatu yang sangat berbeda bagi kita sekarang," ujar gitaris U2, Edge dilansir Variety, Rabu.

Baca juga: Bono U2 Kampanyekan kesadaran tentang AIDS dengan seniman jalanan

"Beberapa telah tumbuh bersama kami. Beberapa sudah kami besarkan. Tapi kami tidak melupakan apa yang mendorong kami untuk menulis lagu-lagu itu sejak awal. Inti dari lagu-lagu itu masih ada dalam diri kita, tetapi bagaimana menghubungkan kembali esensi itu ketika kita telah maju, dan berkembang begitu pesat?," lanjutnya.

Edge juga mengatakan bahwa musik memungkinkan seseorang untuk melakukan perjalanan waktu. U2 pun membayangkan bagaimana rasanya membawakan lagu-lagu lamanya kembali pada masa kini.

Grup tersebut merasa banyak lagu-lagu awal U2 yang menghasilkan interpretasi baru. 40 lagu tersebut akan dihadirkan dengan kunci, akord, tempo bahkan lirik yang baru.

"Ternyata lagu yang bagus itu tidak bisa dihancurkan. Begitu kami melepaskan rasa hormat kami untuk versi aslinya, setiap lagu mulai membuka suara otentik baru saat ini, dari orang-orang kami, dan khususnya Bono sebagai penyanyi. Saya harap kalian menyukai arah baru kami," kata Edge.

Laman U2songs.com mencatat bahwa dari 40 yang dinyanyikan ulang akan diambil dari album "All That You Can't Leave Behind", "The Joshua Tree", "Achtung Baby", "Songs of Experience", "Boy", "Wae", "How to Dismantle an Atomic Bomb", "Songs of Innocence", "The Unforgettable Fire", "Rattle and Hum", "Zooropa", "Pop" dan empat lagu di luar album.

Baca juga: Bono U2 gelar konser "kebebasan" di metro Kyiv

Baca juga: U2 rilis "Your Song Saved My Life" untuk "Sing 2"

Baca juga: Ungguli Ed Sheeran, U2 jadi artis dengan tur tersukses dekade ini

Penerjemah: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023