Medan (ANTARA) - Polda Sumatera Utara siap menyukseskan kegiatan F1 Powerboat 2023 yang digelar pada 24-26 Februari 2023 di Kabupaten Toba dengan memberikan pengamanan baik di dalam maupun di luar arena perlombaan.

"Saya juga telah melaksanakan peninjauan pembangunan arena perlombaan dimana progres pengerjaannya berjalan cukup baik," kata Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Kamis.

Panca menyebutkan dalam pengamanan kegiatan internasional itu akan digelar Operasi Kewilayahan Khusus.

"Polda Sumut dibantu Kodam I/BB bersama pemerintah daerah akan melaksanakan pembersihan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, sebagai bentuk memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan," ucapnya.

Baca juga: Sandiaga pastikan Toba siap jadi tuan rumah lomba speed boat dunia

Kapolda mengatakan tentunya untuk menyukseskan program ini pada 16 Januari 2023 akan berkantor di Balige. Polda Sumut juga akan menyiapkan transportasi serta mendirikan pos pengamanan.

"Harapan kita semua pada 10 Februari 2023 seluruh proses pembangunan arena perlombaan perahu motor selesai dilaksanakan," jelasnya.

Kapolda meminta OPD Pemerintah Provinsi Sumut untuk menampilkan atraksi kebudayaan daerah serta UMKM dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat selama kegiatan F1 Powerboat 2023 di Kabupaten Toba.

"Ini merupakan kesempatan bagi Indonesia khususnya Sumatera Utara menjadi kegiatan tuan rumah F1 Powerboat 2023 akan memberikan kebanggaan tersendiri, karena dipercaya menyelenggarakan bertaraf internasional," kata Panca.

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 adalah sebuah kompetisi balap perahu internasional untuk motor perahu yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM) dan dipromosikan oleh H2O Racing, sehingga sering disebut sebagai F1H2O.

Kejuaraan tersebut merupakan balap motor perahu pesisir kelas tertinggi di dunia, dan karena itu dengan berbagi gelar F1, setara dengan balap mobil Formula 1.

Baca juga: Menpora harap atlet olahraga air Indonesia lahir usai F1Powerboat 2023
Baca juga: Luhut targetkan lokasi balap perahu cepat F1H2O siap Februari 2023

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023