Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi mendatangkan pemain asing baru dari Amerika Serikat, yakni Anthony Beane untuk memperkuat Indonesia Patriots dalam persaingan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2023.

Manajer Indonesia Patriots Jeremy Imanuel Santoso mengatakan Beane sengaja didatangkan untuk mengisi posisi guard.

Pemain berusia 28 tahun itu diharapkan bisa menjadi pemimpin tim sekaligus memberikan pemahaman bola basket kepada Indonesia Patriots yang mayoritas diisi pemain-pemain muda minim pengalaman bertanding di level profesional. Beane telah bergabung latihan bersama Patriots sejak 20 Desember 2022.

“Menurut pelatih (Milos Pejic), kami memang memiliki kesempatan untuk Anthony bisa melakukan transfer pengetahuan kepada guard yang kita punya. Indonesia lebih banyak talenta di guard dibanding bigman yang sudah diisi Derrick Michael, Vincent Kosasih, dan Marques Bolden," ungkap Jeremy, dikutip dalam laman resmi PP Perbasi, Jumat.

Jeremy menjelaskan, proses pemilihan Beane berlangsung sejak Oktober 2022 ketika timnas Indonesia menjalani latihan (TC) di Amerika Serikat. Ada 10 pemain AS yang diundang untuk melakukan showcase, menunjukkan kemampuan mereka dalam bermain basket.

Setelah melakukan seleksi selama 2-3 pekan, Milos Pejic pun memilih Anthony Beane untuk dibawa ke Indonesia dan memperkuat Patriots. Pejic menilai pemain berpostur 188cm itu merupakan pemain yang tepat untuk melengkapi timnya.

“Dia terpilih menjadi kandidat terbaik dan sesuai posisi yang Coach Milos cari. Menurut pelatih, dia adalah pemain tepat untuk tim pelatih. Harapannya, bersama Patriots dia bisa masuk dalam sistem dan bisa menjadi pemimpin bagi pemain lain yang umurnya di bawah 23 tahun,” ucapnya.

Dia tidak khawatir dengan adaptasi Beane bersama Patriots meski ini adalah pengalaman pertamanya bermain di negara Asia. Beane sebelumnya pernah berlaga di liga Eropa, seperti liga Bulgaria dan Italia.

Dengan kehadiran Beane maka Indonesia Patriots kini diperkuat 14 pemain, dengan enam di antaranya pernah merasakan bermain bersama di IBL musim lalu. Mereka adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Julian Chalias, Daniel Salamena, Andrew Lensun, dan Gede Elgi Wimbardi.

Sementara itu tujuh pemain lainnya merupakan debutan, yakni Ida Bagus Ananta Wisnu Putra, Karl Patrick Gloria, Mohammed Aymane Garudi Arip, Rafael Pasha, Justin Jaya Wiyanto, Erick Ibrahim Junior, dan Greans Chandra Tangkulung.

Baca juga: Indonesia Patriots masih punya PR benahi komunikasi jelang IBL 2023
Baca juga: Perbasi siapkan stok pemain muda untuk regenerasi timnas
Baca juga: Perbasi: Indonesia Arena simbol semangat sambut Piala Dunia FIBA 2023

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023