Jakarta (ANTARA) - New Splendor, kapal jenis supertanker (very large crude carrier/VLCC) dengan kapasitas bobot sebesar 300.000 ton, telah dikirim ke pihak pembelinya di kota pesisir di Dalian, Provinsi Liaoning, China timur laut pada Rabu (11/1).

Menurut produsennya, Dalian Shipbuilding Industry Co., Ltd., kapal supertanker pengangkut minyak mentah itu dilengkapi dengan sistem penghematan energi di setiap bagian kapal, yang menghasilkan kinerja hemat energi dan perlindungan lingkungan yang tinggi.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa kapal itu menghadirkan teknologi hemat energi terkemuka dalam hal industri pembuatan kapal, yang meningkatkan daya saing internasional industri pembuatan kapal dan perkapalan China. Desain kapal itu memenuhi persyaratan standar emisi nitrogen oksida dan sulfur oksida terbaru, sekaligus juga daftar zat-zat berbahaya dalam peraturan Uni Eropa (UE) tentang daur ulang kapal.

Kapal itu dikirim ke China Merchants Energy Shipping Co., Ltd., yang bergerak di bidang pengangkutan minyak mentah, kargo curah internasional, dan gas alam cair (LNG).

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023