Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) menuntaskan wisuda VI tahun 2022 yang seharusnya digelar akhir tahun dengan mewisuda 1.210 wisudawan berbagai strata, Sabtu.
 

"Pada 2022 kita merencanakan enam kali wisuda, namun pelaksanaan wisuda VI tertunda, namun bisa kita tuntaskan hari ini dengan mewisuda 1.210 wisudawan," kata Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. di Padang.
 

Ia merinci jumlah wisudawan yang dilepas masing-masing lima orang
Program Diploma Tiga, 805 orang Sarjana, 160 orang Profesi, 194 orang Magister, 27 orang spesialis dan 19 orang Doktor.
 

Rektor mengatakan hasil pembelajaran dan pengalaman selama di Unand adalah modal awal untuk berkarya. Modal awal itu harus dikembangkan dengan prinsip pembelajar sepanjang hayat sehingga bisa memiliki kompetensi yang mumpuni.


Menurut dia ada beberapa pilihan yang bisa diambil oleh wisudawan setelah menamatkan kuliah. Pilihan pertama adalah melanjutkan kembali studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga: Universitas Andalas laksanakan wisuda luring setelah dua tahun daring

Baca juga: Rektor Unand minta lulusan terus mengasah kompetensi

 

Pilihan kedua adalah bekerja diberbagai sektor. Bagi mahasiswa yang ingin langsung terjun ke dunia kerja tersebut, Unand telah memberikan pembekalan tentang kondisi pasar kerja sebelum wisuda digelar.
 

Dalam pembekalan itu diberikan gambaran umum tentang kompetensi yang diinginkan dan kemungkinan bisa diterima oleh sebagian besar perusahaan.
 

Mahasiswa bisa mempedomani gambaran itu untuk meningkatkan kompetensi diri agar bisa langsung diterima di perusahaan atau lembaga yang diinginkan.
 

Pilihan ketiga adalah membuka lapangan kerja sendiri. Cukup banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan bahkan telah membuka usaha saat masih menjadi mahasiswa. Usaha tersebut bisa dikembangkan dengan bermitra dengan lembaga keuangan.
 

"Kita sudah beberapa kali bertemu dengan lembaga keuangan dan semua memberikan dukungan bila ada mahasiswa yang ingin membuka usaha atau mengembangkan usaha," kata Yuliandri.
 

Apapun pilihan yang diambil, ia meminta agar semua wisudawan terutama pada jenjang pendidikan Sarjana, Diploma, Spesialis dan Profesi yang telah mendapatkan tempat bekerja, melanjutkan studi, ataupun membuka lapangan kerja sendiri, bisa memberikan kabar ke almamater melalui kanal tracer studi yang disiapkan.
 

"Kami bersama seluruh pimpinan Unand menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. Selamat atas gelar akademik beserta hak yang melekat pada gelar dimaksud. Semoga ilmu yang didapat berguna untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak," katanya. 

Baca juga: Rektor : Lulusan Unand jangan hanya berpikir jadi PNS

Baca juga: Kembali wisuda via daring, Unand luluskan 1.781 mahasiswa

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023