Pemerintah pusat menggandeng BUMN China untuk membangun rumah sakit bertaraf internasional di Manokwari, Papua Barat dengan target satu tahun pembangunan
Manokwari, Papua Barat (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan pencanangan pembangunan rumah sakit (RS) tipe A bertaraf internasional yang terletak di Susweni, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat pada 5 Februari 2023.

"Groundbreaking pembangunan rumah sakit internasional akan dilakukan oleh Bapak Wapres Ma'ruf Amin," kata Perwakilan Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) Papua Barat, Irene Manibuy  di Manokwari, Selasa.

RS internasional itu adalah program strategis di Provinsi Papua Barat.

Ia menjelaskan bahwa BP3OKP terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Pemerintah Kabupaten Manokwari terkait persiapan pencanangan rumah sakit internasional.

Luas lahan yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah untuk rumah sakit internasional mencapai 25 hektare.

"Pemerintah pusat menggandeng BUMN China untuk membangun rumah sakit bertaraf internasional di Manokwari, Papua Barat dengan target satu tahun pembangunan," kata Irene Manibuy.

Ia melanjutkan, setelah fisik rumah sakit rampung dibangun maka Menteri Kesehatan akan mulai melakukan pendistribusian sarana prasarana hingga tenaga kesehatan.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah wajib mengikutsertakan orang asli Papua (OAP) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat.

Upaya ini, kata dia, membuktikan bahwa pemerintah pusat sangat fokus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya orang asli Papua.

"Sekembalinya saya dari Manokwari, kami akan rapat dengan Menteri Kesehatan termasuk Menteri Investasi," katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat melalui BP3OKP yang diketuai oleh Wapres Ma'ruf Amin berkomitmen merealisasikan seluruh program percepatan pembangunan di Tanah Papua.

Selain RS internasional, katanya, Wapres Ma'ruf Amin juga akan mencanangkan pembangunan situs peradaban orang Papua dan Bandara Domine Is Kijne di Kabupaten Teluk Wondama.

"Wapres juga akan mencanangkan beberapa program strategis di Manokwari seperti Jembatan Pepera dan jalan dua jalur,' kata Irene Manibuy.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek menyatakan bahwa pemerintah daerah sudah melakukan berbagai persiapan menjelang kunjungan Wapres Ma'ruf Amin ke Manokwari saat HUT ke-168 Pekabaran Injil di Tanah Papua.

"Nanti Ibu Irene Manibuy yang akan melaporkan persiapan kita ke Istana Negara," katanya.

Ia melanjutkan, seluruh bupati di Papua Barat telah diundang untuk menghadiri pencanangan program strategis yang dilakukan Wapres.

Masing-masing bupati diharapkan dapat memberikan informasi terlebih dahulu jika ada proyek strategis yang mau diresmikan oleh Wapres selaku Ketua Tim Pengarah BP3OKP.

"Supaya kami inventarisasi dan pada hari Sabtu Ibu Irene akan membawa ke Jakarta," demikian Dance Sangkek.

Baca juga: Kemenkes siapkan RSUP Papua Barat sebagai RS rujukan nasional

Baca juga: IDI Manokwari gelar pemeriksaan kesehatan gratis warga tiga distrik

Baca juga: TNI AL Siagakan Kapal RS Untuk Manokwari

Baca juga: KPK dalami status tanah RS Siloam Sorong aset negara yang dijual

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023