Palangka Raya (ANTARA) - Dua pimpinan DPRD Kalimantan Tengah meyakini berbagai pengalaman yang dimiliki Dr Muhammad Yusuf di berbagai bidang, mampu memimpin sekaligus membawa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) semakin berkembang dan berkontribusi terhadap peningkatan sumber daya manusia di provinsi ini.

Keyakinan itu disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kalteng Abdul Razak dan Wakil Ketua III Faridawaty Darland Atjeh saat menghadiri pelantikan M Yusuf sebagai Rektor UMPR periode 2023-2027 pada salah satu hotel di Palangka Raya, Selasa.

"Jadi, menurut kami sudah sangat tepat Keputusan pimpinan pusat Muhammadiyah Nomor 1026/KEP/1.0/D/2022 menetapkan Dr M Yusuf sebagai Rektor UMPR selama tiga tahun ke depan," kata Abdul Razak.

Menurut dirinya, M Yusuf bukan hanya memiliki pengalaman dan pernah menjabat Dekan, Wakil Rektor dan memimpin Pascasarjana UMPR, namun juga di profesi lain, terkhusus wartawan sekaligus mantan Kepala LKBN Biro Kalteng. Dari berbagai pengalaman itulah, M Yusuf akan semakin mudah berkomunikasi dan berkolaborasi dengan pihak lain.

Baca juga: PP Muhammadiyah tekankan rektor baru UMPR akselerasi program doktor

Baca juga: Wagub Kalteng dorong UMPR optimalkan peran sebagai pusat unggulan


Razak yang juga Dewan Penasehat Muhammadiyah Kalteng itu mengatakan bahwa keberadaan UMPR sekarang ini semakin penting dalam meningkatkan kualitas SDM di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini. Sebab, UMPR telah meluluskan ribuan mahasiswa, bahkan semakin banyak mengisi jabatan strategis di pemerintahan.

"Saya mengucapkan selamat atas dilantiknya M Yusuf sebagai Rektor UMPR. Semoga dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki M Yusuf, mampu membuat UMPR menjadi lebih baik dan berkembang dibandingkan saat ini," kata Razak.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh. Bagi dirinya, M Yusuf memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik kepada semua pihak. Bahkan, hubungan dengan unsur pemerintahan yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota di Kalteng juga sangat baik.

Dia mengatakan, ucapan selamat atas dilantiknya M Yusuf sebagai Rektor UMPR sangat banyak dan dari berbagai elemen. Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa komunikasi dan hubungan beliau tidak terbatas hanya di tingkat akademisi, namun juga semua elemen, termasuk para bupati dan lainnya.

"Jadi, saya mengucapkan selamat kepada M Yusuf yang telah dilantik menjadi Rektor UMPR. Saya yakin dengan pengalaman dan kepemimpinan beliau UMPR akan semakin maju dan cepat berkembang," kata Faridawaty.

Dalam pelantikan M Yusuf sebagai Rektor UMPR periode 2023-2027 turut hadir Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadyah HM Noor Rochman, anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki, anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, pimpinan Antara dari berbagai biro di Indonesia, serta berbagai pihak lainnya.*

Baca juga: Fikes UMPR lanjutan pembukaan prodi kedokteran dan tiga prodi baru

Baca juga: Anggota DPR bantu biaya pendidikan 48 mahasiswa UMPR

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023