untuk melakukan bersih-bersih
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan membersihkan Wihara Bio Hok Tek Tjeng Sin di Jalan Tepekong RT 01/011, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan menjelang perayaan Imlek pada Minggu (22/1).

"Kami hari ini mengerahkan petugas gabungan untuk melakukan bersih-bersih di satu-satunya wihara, Kebayoran Lama," kata Camat Kebayoran Lama Iwan Santoso saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Iwan merinci petugas gabungan tersebut yakni 15 orang Satpol PP, delapan orang petugas Sumber Daya Air (SDA), 10 orang Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Babinsa, Binmas, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) serta aparatur pemerintah kecamatan dan kelurahan.

Kegiatan bersih-bersih tersebut meliputi menyapu kawasan, membersihkan saluran air kecil seperti got, dan memastikan sarana serta prasarana yang tersedia bisa dimanfaatkan oleh para jemaat.

Baca juga: Dishub DKI tiadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor saat Imlek

Selain itu, pihaknya juga memastikan agar para jemaat yang akan melakukan ibadah nanti bisa lancar tanpa adanya gangguan di sekitar.

Salah satunya, Kecamatan Kebayoran Lama juga memantau pengawasan lingkungan yang bebas dari penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

"Nantinya petugas juga memantau lokasi untuk mengantisipasi adanya PMKS saat pelaksanaan Imlek," tambahnya.

Iwan turut mengimbau kepada para jemaat yang merayakan Imlek juga menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, demi kenyamanan bersama.

Baca juga: KAI catat 63 ribu tiket dari Gambir dan Senen terjual jelang Imlek

​​​​​​Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Widya Agustiono turut mengerahkan personel demi kelancaran dan keamanan selama perayaan Imlek di wilayahnya.

"Kami mengerahkan 15 personel untuk penjagaan Wihara Tepekong," ujar Widya.

Tak hanya di Wihara, pihaknya juga rutin mengecek keamanan di sejumlah lokasi pusat keramaian untuk mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan di masyarakat.

Dengan demikian, Kecamatan Kebayoran Lama dan Polsek beserta jajarannya terus bersinergi untuk menjamin keamanan di wilayahnya terutama saat pelaksanaan hari ibadah tiap umat beragama.

Baca juga: Rayakan Imlek, saatnya mencecap hidangan historis negeri Tirai Bambu

Hari Raya Imlek 2574 Kongzili jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

Pemerintah melalui Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) resmi menetapkan Senin, 23 Januari 2023 sebagai hari cuti bersama Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023