Jakarta (ANTARA) - Regional CEO III/Jakarta 1 Bank Mandiri I Gede Raka Arimbawa mengatakan Bank Mandiri Region III kawasan Kota Tua Jakarta akan mulai menggunakan kendaraan berbasis listrik di tahun 2023.

“Komitmen ini sejalan dengan Program Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta yang menjadikan kawasan Kota Tua sebagai kawasan pedestrian yang menerapkan kebijakan Low Emission Zone (LEZ),” kata Gede pasca-berkolaborasi dengan PT Juara Bike dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat.

Kolaborasi dengan Juara Bike menjadi bentuk dukungan Bank Mandiri yang merupakan salah satu anggota "First Movers on Sustainable Banking” untuk mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC) dan Net Zero Emission Operasional di tahun 2030 dan Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060.

Karena itu diharapkan penggunaan kendaraan listrik dapat terus ditingkatkan di seluruh wilayah kerja Bank Mandiri.

“Bank Mandiri secara konsisten terus melanjutkan komitmen untuk menjadi Indonesia's Sustainability Champion for Better Future. Salah satu targetnya yakni mengembangkan pembiayaan yang selaras dengan POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan) 51/2017, Roadmap NDC/NZE (Non Destructive Evaluation/Net Zero Emissions) Indonesia, serta framework ESG (Environmental, Social and Governance),” ucap dia.

Baca juga: Bank Mandiri akan mulai terapkan ESG lewat gedung kantor rendah emisi

PT Juara Bike atau SELIS yang berdiri sejak tahun 2011 telah menjadi salah satu pionir kendaraan listrik di Indonesia dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 53,69 persen.

“Kami adalah pioneer produksi kendaraan listrik dan perusahaan kami juga telah bersertifikasi untuk melakukan konversi kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik berbasis baterai, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022,” ujar CEO PT Juara Bike Wilson Teoh.

Menurut dia,  kolaborasi ini menjadi momentum atau contoh bagi BUMN dan perusahaan lain untuk percepatan pengadaan kendaraan bermotor listrik dan menekan emisi karbon sesuai program pemerintah.

“Mau sekarang atau besok, tidak hanya skala nasional, seluruh dunia menuju kendaraan bermotor listrik,” ungkap Wilson.

Seremonial kerja sama ini ditandai dengan penyerahan mobil listrik, sepeda, atau kendaraan ramah lingkungan Region III/Jakarta 1 untuk menunjang aktivitas bank seperti pooling cash, ekspedisi, antar jemput nasabah dan pegawai di beberapa jalur pedestrian, serta wilayah operasional lainnya di area/cabang.

Total kendaraan listrik yang diserahkan sebanyak 36 unit dan akan disalurkan ke 11 area di bawah koordinasi Bank Mandiri Region III yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Provinsi Banten, Tangerang hingga Cilegon.

Dengan adanya kendaraan listrik, pihaknya berharap bisa mendukung kelancaran operasional, mobilitas pegawai, dan mendukung program pemerintah dalam menekan emisi karbon.

Baca juga: Selis unjuk sepeda hingga kendaraan listrik roda tiga di PEVS 2022

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023