Tangerang (ANTARA) - Polres Metro Tangerang bersama TNI Kodim 0506/TGR mengerahkan 813 personil gabungan untuk pengamanan vihara dan titik keramaian lainnya jelang hari raya Imlek 2574 di wilayah Tangerang Kota.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di Tangerang Sabtu mengatakan personil disebar di 33 Vihara dari 50 Vihara yang berada di Wilayah hukum Polres Metro Tangerang kota.

Dijelaskannya titik pusat pengamanan akan dilakukan di beberapa vihara dengan jumlah jamaah terbanyak dan rawan potensi gangguan diantaranya Vihara Boen Tek Bio di Kecamatan Tangerang, Vihara Nimmala Boen San Bio di Kecamatan Karawaci, Vihara Yang Sen Bio di Kecamatan Neglasari dan Vihara Hok Tek Bio di Kecamatan Teluknaga.

"Assessment sudah kita dilakukan beberapa hari sebelumnya, termasuk berkoordinasi dengan panitia pelaksana di masing masing Vihara. Diharapkan aparat keamanan dapat mengatasi potensi gangguan pada saat peribadatan," kata Kapolres dalam keterangannya.

Kapolres menambahkan, sterilisasi akan dilakukan di vihara sebelum pelaksanaan peribadatan berlangsung. Sesuai dengan kesepakatan dengan panitia, di setiap vihara bahwa pelaksanaan peribadatan dilakukan secara bergelombang atau bergantian.

"Skema penataan parkir, hingga alur masuk dan keluar nya jamaat sudah kita koordinasikan dengan panitia, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," kata dia.

Dandim Letkol Inf Ali Imran menyampaikan pesan untuk selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dalam melaksanakan pengamanan hari raya Imlek ini.

"TNI-Polri harus selalu bersinergi demi terciptanya situasi yang aman dan lancar," tandasnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023