15 negara ikuti Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 di Bali

15 negara ikuti Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 di Bali

Ketua PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar (kedua dari kiri) berjabat tangan dengan Direktur Eksekutif Federasi Bola Tangan Asia (AHF),  Ahmad Abu Al Lail (kedua dari kanan) dalam undian Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 di Bali, Selasa (24/1/2023). ANTARA/HO-ABTI.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan 15 negara dipastikan tampil dalam Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 atau Asian Beach Handball Championship di Bali pada 10-19 Maret mendatang.

"Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai yang diikuti 15 negara di Bali 2023 merupakan babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Bola Tangan Pantai (World Beach Handball) yang rencananya digelar di Bali juga Agustus 2024," kata Zulfydar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia juga mengungkapkan undian telah dilakukan di Bali pada Selasa, yang disaksikan langsung Direktur Eksekutif Federasi Bola Tangan Asia (AHF), Ahmad Abu Al Lail. Sementara perwakilan tuan rumah hadir Bregas Rohadi, I Wayan Repiyasa, dan I Ketut Teneng yang juga pengurus PB ABTI.

Menurut Zulfydar berdasarkan hasil undian tim putra Indonesia berada di B bersama Vietnam, Oman, Hong Kong, Kuwait dan China. Adapun di grup A di tempati Iran, Qatar, Filipina, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Sedangkan untuk putri, tim Indonesia bersaing dengan Vietnam, Filipina dan Hong Kong.

Baca juga: PB ABTI terus gencarkan upaya populerkan bola tangan di Indonesia

Zulfydar di hadapan perwakilan negara peserta mengatakan menjadi tuan rumah Kejuaraan Bola Tangan Pantai Asia 2023 di Bali merupakan suatu kehormatan.

Melalui Kejuaraan Asia para peserta yang datang dari 15 negara dapat menikmati keindahan tempat wisata yang ada di Pulau Dewata.

Sebagai tuan rumah, PB ABTI, juga akan menyiapkan tempat untuk acara dengan standar yang ditetapkan. Begitu juga dengan layanan medis, lokasi pertandingan dekat rumah sakit, hellypad dan command center. Selain itu peserta juga akan dikenalkan dengan berbagai kegiatan tradisional di Bali.

"Kami berharap para peserta bisa datang ke Bali Indonesia dengan semangat kebersamaan untuk memajukan bola tangan Asia dengan hati terbuka, " kata Zulfydar.

Apalagi Agustus mendatang Bali atau Indonesia siap ditunjuk Federasi dunia dalam rangka menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Tangan Pantai Putra dan Putri 2024. Dengan begitu, Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai menjadi jenjang cukup bagus melangkah ke ajang yang lebih besar nantinya.

Baca juga: PB ABTI berharap bantuan pemerintah untuk pelatnas bola tangan pantai
Baca juga: ABTI raih perunggu di kejuaraan bola tangan Asia Tenggara

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar