Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Dr. Aan Kurnia memberikan penghargaan serta uang pembinaan kepada lima personel bintara atas usaha dan prestasi kinerja termasuk keteladanan selama bertugas di institusi tersebut.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha dan prestasi kerja personel Bakamla tahun 2022," kata Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Selain menyerahkan penghargaan, Kepala Bakamla juga memberikan piagam dan uang pembinaan kepada kelima personel bintara. Untuk peringkat pertama atau bintara teladan diraih Serka Bakamla Zakirman yang saat ini menjabat sebagai Kadep Bahari Senjata pada Kapan Negara (KN) Kuda Laut-403.

Kemudian peringkat kedua diraih Serda Bakamla Akrom Efendi yang saat ini menjabat sebagai Serang I pada KN Tanjung Datu-301. Peringkat ketiga disabet Serka Bakamla Yoga Budi Prakoso dengan jabatan Kadep Navkom pada KN Ular Laut-405.

Selanjutnya, peringkat keempat diraih Serda Bakamla Prasetyo Kurnia Santoso yang saat ini bertugas sebagai juru motor empat pada KN Tanjung Datu-301. Penghargaan terakhir diserahkan Kepala Bakamla kepada Penyusun Laporan pada Direktorat Data dan Informasi yakni Serka Bakamla Alifa Nur Fitriana.

Baca juga: Kepala Bakamla sebut patroli bersama untuk hilangkan ego sektoral

Baca juga: Kepala Bakamla RI undang Menteri PPN pantau laut Indonesia


Selain menyerahkan penghargaan kepada babinsa, Kepala Bakamla juga menyerahkan hal yang sama kepada KN dan Stasiun Bakamla teladan. Untuk KN teladan terpilih KN Ular Laut-405 yang dikomandani Letnan Kolonel (Letkol) Bakamla Umar Dani.

Terakhir, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyerahkan penghargaan dan uang pembinaan kepada Stasiun Bakamla Bali yang dikepalai Kapten Bakamla Kadek Lis Martiaveni yang terpilih sebagai stasiun teladan.

Aan Kurnia menjelaskan pemilihan bintara, KN dan stasiun bakamla teladan dilaksanakan secara jujur dan terbuka. Para pemenang terpilih berdasarkan mekanisme penilaian yang telah ditetapkan.

Pertama, untuk penilaian bintara meliputi kedisiplinan/kepribadian, kesamaptaan dan akademik internal Bakamla. Kemudian penilaian KN meliputi jam operasi dan jumlah pemeriksaan tahun 2022, kebersihan dan kedisiplinan anak buah kapal. Terakhir, penilaian stasiun bakamla meliputi kebersihan, kedisiplinan dan kesiap-siagaan operasional.

Kepala Bakamla berharap dan menekankan pemberian penghargaan tersebut harus menjadi pemicu semangat kinerja yang lebih baik lagi serta sungguh-sungguh. Selain itu, setiap personel juga diharuskan menjaga diri maupun kehormatan institusi Bakamla RI.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023