Pontianak (ANTARA) - Bupati Sambas, Kalimantan Barat, Satono didampingi unsur Forkopimda menyalurkan bantuan pangan berupa beras dan makanan instan kepada warga terdampak banjir di Desa Tempapan Hulu, Kecamatan Galing.

"Bantuan pangan yang diberikan kepada warga terdampak banjir tersebut merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Satono mengatakan banjir tersebut mengakibatkan rumah warga, sekolah, jalan, dan lahan pertanian terendam.

"Saya mengerti betul kesulitan yang dirasakan warga terdampak banjir saat ini," katanya.

Baca juga: Bupati Sambas imbau masyarakat waspada bencana banjir

Satono mengatakan, banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Sambas menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Sambas.

"Saya sudah melihat langsung di beberapa dusun, seperti di Dusun Daup, Desa Tempapan Hulu. Banjir merendam SDN 10 Daup sehingga aktivitas belajar mengajar harus diliburkan. Harapan saya mudah-mudahan banjir cepat surut," katanya.

Ia meminta masyarakat agar bersabar menghadapi musibah tahunan tersebut. Sejumlah desa yang mengalami banjir saat ini sedang didata oleh BPBD Sambas.

"Banjir yang terjadi saat ini akibat faktor cuaca, di mana curah hujan yang sangat tinggi terjadi hampir di seluruh Provinsi Kalimantan Barat. Saya sangat prihatin dan dengan rendah hati minta masyarakat untuk bersabar dulu," katanya.

Satono mengatakan, banjir dapat merembet ke masalah lain jika masyarakat tidak tenang menghadapinya. Untuk itulah, dia minta masyarakat waspada dan selalu siaga.

Baca juga: Intensitas hujan di Sambas tinggi akibatkan sejumlah desa banjir

"Pada saat kondisi banjir ini anak-anak kita tolong dijaga, jangan sampai karena kelalaian kita menjadi penyebab datangnya kemalangan dan membuat kita menyesal," katanya.

"Selain itu, saya imbau warga yang rumahnya terendam banjir untuk waspada terhadap hewan-hewan berbisa yang biasanya naik ke rumah karena habitatnya terendam banjir," kata dia.

Satono mengatakan, pihaknya dan unsur Forkopimda Kabupaten Sambas sudah melakukan peninjauan langsung untuk melihat kondisi banjir di sejumlah kecamatan dan desa.

Peninjauan langsung tersebut dilakukan guna mengetahui secara nyata masalah yang ada di lapangan, sehingga langkah-langkah pencegahan dan mitigasi bencana ke depannya bisa dipersiapkan.

Baca juga: Hujan deras di Sambas sebabkan sejumlah lokasi banjir

"Untuk sementara hasil peninjauan yang kami lakukan, kondisi banjir di setiap kecamatan dan desa berbeda-beda, terutama debit air dan jumlah warga terdampak. Sebagai langkah cepat, kita langsung salurkan bantuan pangan," kata dia.

Pewarta: Dedi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023