Purwokerto (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menyiapkan lokasi pembangunan gedung Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cilongok yang akan mengakomodasi lulusan sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat di wilayah barat Banyumas.

"Gedung SMAN 1 Cilongok akan dibangun oleh Pemprov Jateng di sekitar SD Negeri 1 Karangtengah, Kecamatan Cilongok, dan kemarin (31/1) sudah ditinjau oleh pak bupati," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono di Purwokerto, Banyumas, Rabu.

Baca juga: Pemkab Banyumas bekali keterampilan 36 anak putus sekolah

Baca juga: Bupati Banyumas bantah tolak SKB 3 Menteri terkait seragam sekolah


Pada tahap awal, kata dia, Pemkab Banyumas menyiapkan sebagian gedung SDN 1 Karangtengah untuk digunakan dalam penerimaan siswa baru Rintisan SMAN 1 Cilongok.

Selain itu, lanjut dia, akan dilakukan pembangunan tahap awal berupa tiga ruang kelas, ruang guru dan kepala sekolah, serta toilet.

"Kami juga sudah menyiapkan anggaran untuk rehabilitasi sebagian gedung SDN 1 Karangtengah yang dipersiapkan sebagai ruang kelas SMAN 1 Cilongok," jelas Joko.

Menurut dia, pihaknya juga akan menyiapkan lelang dengan harapan ruangan yang akan direhabilitasi tersebut sudah siap untuk menerima siswa baru pada bulan Juli 2023.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Agus Triyanto mengatakan Rintisan SMA Negeri Cilongok akan menerima siswa baru pada tahun ajaran 2023-2024.

"Jumlahnya satu rombongan belajar, sambil mulai penataan untuk bapak dan ibu guru yang akan mengampu, sementara menginduk dulu dengan SMA Negeri I Ajibarang," jelasnya

Terkait dengan proses pembangunan unit sekolah baru yang melalui berbagai tahapan, dia mengharapkan masyarakat untuk bersabar karena harus ada mekanisme yang harus ditempuh.

"Kami berterima kasih kepada Bupati Banyumas yang mendukung pendirian sekolah, baik SMA, SMK, maupun sekolah lainnya," kata Agus.

Baca juga: Pemkab Banyumas putuskan pembukaan sekolah paling akhir di Jateng

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan rehabilitasi sebagian gedung SDN 1 Karangtengah harus dibuat menghadap ke selatan.

Menurut dia, hal itu disebabkan unit sekolah baru untuk SMAN 1 Cilongok direncanakan di sebelah selatan SDN 1 Karangtengah.

"Ini harus dilakukan agar ketika bangunan yang baru selesai dibangun nanti dapat langsung menyatu dengan bangunan yang direhabilitasi," tegasnya. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023