Rata-rata harganya naik, naiknya harga bahan pokok ini karena naiknya harga jual BBM.
Meulaboh (ANTARA) - Harga beras dan sejumlah harga bahan pokok pangan di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mengalami kenaikan tajam berkisar antara 30 hingga 50 persen per jenis barang.

“Rata-rata harganya naik, naiknya harga bahan pokok ini karena naiknya harga jual BBM, sehingga berimbas pada naiknya harga barang,” kata Rifki, seorang pedagang di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat, Kamis.

Adapun harga bahan pokok pangan yang mengalami kenaikan tersebut, kata dia, di antaranya seperti harga beras medium kini naik menjadi Rp190 ribu/sak isi 15 kilogram dari harga sebelumnya Rp165 ribu per sak.

Kemudian harga minyak goreng juga mengalami kenaikan Rp14 ribu per liter dari harga sebelumnya Rp13 ribu per liter, gula pasir juga naik di harga Rp14 ribu per kilogram dari harga Rp13 ribu per kilogram, tepung terigu naik menjadi Rp14 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp13 ribu per kilogram.

Harga cabai merah juga mengalami kenaikan menjadi Rp45 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp40 ribu per kilogram, bawang putih juga mengalami kenaikan menjadi Rp28 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp26 ribu per kilogram, tomat naik menjadi Rp12 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp10 ribu per kilogram.

Jeruk nipis juga mengalami kenaikan harga menjadi Rp15 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp8 ribu per kilogram, serta harga sayuran jenis kentang juga mengalami kenaikan harga menjadi Rp15 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp10 ribu per kilogram.

Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga, kata Rifki, yaitu pada jenis telur ayam dari harga sebelumnya Rp50 ribu per papa nisi 30 butir menjadi Rp48 ribu per papan, serta bawang merah dari harga Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu per kilogramnya.

“Memang tidak bisa dihindari, harga barang memang rata-rata naik, kami juga kasihan ke konsumen, tapi mau bagaimana lagi karena kami harus menyesuaikan harga beli,” kata Rifki.

Juraidah, seorang ibu rumah tangga yang ditanyai terpisah mengatakan naiknya sejumlah harga bahan pokok di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh, sangat dikeluhkan oleh masyarakat.

“Kalau sekarang ini bawa uang Rp100 ribu untuk belanja tidak ada lagi harganya, rata-rata harga barang naik semua,” katanya pula.

Masyarakat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat agar segera mengambil langkah agar harga bahan pokok pangan segera turun, karena naiknya harga barang ini sangat tajam sekali, katanya lagi.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Barat Fauzi yang dikonfirmasi terpisah membenarkan adanya kenaikan sejumlah komoditas bahan pokok di daerah ini akibat naiknya harga BBM.

“Ada sedikit naik, tapi semua masih stabil,” kata Fauzi.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah daerah bersama pihak terkait masih terus berupaya menekan kenaikan harga barang yang salah satunya melakukan operasi pasar berupa pasar murah, serta kegiatan stabilisasi pasar dan pasokan harga pangan (SPHP) untuk menekan naiknya harga beras di masyarakat.

Dia juga mengakui berdasarkan hasil pendataan harga barang di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh, terpantau sebagian besar harga jual komoditas pangan relatif stabil.
Baca juga: Jokowi sebut harga barang terkendali jelang Natal dan Tahun Baru 2023
Baca juga: Mentan pantau harga bahan pokok di pasar tradisional Makassar

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023