Pembukaan menuju Air Terjun Batu Betiang di Dusun Merasi Desa Babak Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya ini dilaksanakan tahun 2023
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong Provinsi Bengkulu membuka jalan menuju objek wisata Air Terjun Batu Betiang yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di wilayah itu.

"Pembukaan jalan di dalam kawasan TNKS menuju Air Terjun Batu Betiang yang berada di Dusun Merasi Desa Babak Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya ini dilaksanakan tahun 2023 ini menggunakan APBD Rejang Lebong 2023 sebesar Rp500 juta," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Rejang Lebong, Roni Saputra di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan pembukaan jalan menuju objek wisata Air Terjun Batu Betiang itu sudah mendapatkan izin dari Kementerian LHK, di mana jalan yang akan dibuka sepanjang 3,5 km dengan lebar 3-4 meter. Sedangkan untuk peningkatannya nanti hanya diberikan izin selebar 2 meter.

"Dengan anggaran sebesar Rp500 juta ini baru cukup untuk pembukaan jalan saja. Sedangkan untuk peningkatan jalan tersebut baru akan dilaksanakan pada tahun selanjutnya," tambah dia.

Jalan yang akan dibuka ini, kata dia, mengikuti jalan setapak yang sudah ada di tempat itu yang selama ini menjadi akses masyarakat setempat menuju air terjun yang memiliki keunikan lantaran disangga oleh balok-balok batu yang menyerupai tiang berdiri di bagian kiri dan kanan air terjun.

Baca juga: DPRD Rejang Lebong minta pemda data aset pariwisata daerah

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong usulkan penggunaan lain TWA Bukit Kaba 1.000 ha


Menurut dia, untuk memastikan kegiatan ini berjalan dengan baik beberapa hari lalu Dinas PUPR Rejang Lebong bersama dengan tim dari TNKS, Dinas Pariwisata Rejang Lebong, pihak Kecamatan Bermani Ulu Raya dan pemerintah desa setempat melakukan survei ke Air Terjun Batu Betiang.

Program pembukaan jalan menuju Air Terjun Batu Betiang itu sendiri dilakukan pihaknya sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Pemkab Rejang Lebong dengan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS) beberapa tahun lalu dan baru bisa direalisasikan tahun 2023.

Di lain tempat Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto menyatakan, pihaknya mendukung program pembukaan jalan menuju Objek Wisata Air Terjun Batu Betiang ini sebagai upaya pengembangan potensi pariwisata daerah sehingga menambah jumlah destinasi wisata di Rejang Lebong.

Baca juga: Jalur evakuasi Gunung Kerinci dirintis menembus TN Kerinci-Seblat

Baca juga: Balai Besar TNKS: Pendaki Gunung Kerinci harus tunjukkan bukti vaksin

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023