Pembukaan jalan wisata menuju Air Terjun Batu Betiang dalam kawasan TNKS sudah mendapatkan izin dari pemerintah pusat...
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pengelola Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Wilayah III Sumatera Selatan-Bengkulu tengah melakukan pemantauan pembukaan jalan wisata Air Terjun Batu Betiang di Kabupaten Rejang Lebong.

"Saat ini sedang proses pembukaan jalan wisata Air Terjun Batu Betiang di Kecamatan Bermani Ulu Raya oleh Pemkab Rejang Lebong. Kami terus melakukan pengawasan agar pelaksanaannya sesuai dengan izin yang diberikan," kata Kabid Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Sumsel-Bengkulu M Mahfud, di kantornya yang berada di Kabupaten Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan pembukaan jalan wisata menuju Air Terjun Batu Betiang yang berada dalam kawasan TNKS tersebut sudah mendapatkan izin dari pemerintah pusat dengan ketentuan 2 meter.

Pembukaan jalan wisata itu, kata dia, untuk mendukung pengembangan potensi wisata yang ada di dalam kawasan TNKS wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Rejang Lebong Roni Saputra mengatakan Pemkab Rejang Lebong pada tahun 2023 ini akan membuka jalan menuju objek wisata Air Terjun Batu Betiang yang berada di kawasan TNKS, di Dusun Merasi Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Pembukaan jalan wisata ini, kata Roni, menggunakan anggaran APBD Rejang Lebong 2023 sebesar Rp500 juta, di mana jalan yang dibuka sesuai izin dari Kementerian LHK sepanjang 3,5 km dengan lebar 3-4 meter.

"Sedangkan untuk peningkatannya hanya diberikan izin selebar 2 meter, untuk peningkatan baru akan dilaksanakan tahun depan," ujarnya pula.

Menurut dia, jalan yang dibuka pihaknya itu mengikuti jalan setapak yang sudah ada di tempat itu dan selama ini menjadi akses masyarakat setempat menuju air terjun yang memiliki keunikan lantaran disangga oleh balok-balok batu yang menyerupai tiang berdiri di bagian kiri dan kanan air terjun.
Baca juga: Kemen LHK tinjau jalan Tandai di Zona Khusus TNKS
Baca juga: Pemkab Rejang Lebong buka jalan menuju wisata Air Terjun Batu Betiang

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023