Saya berpesan agar Pemda dapat menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi, membeli, dan menggunakan berbagai produk lokal berkualitas
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Lakdya TNI Aan Kurnia hadir mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dalam peluncuran Sail Teluk Cenderawasih di Jakarta, Jumat.

Kepala Bakamla sempat naik ke panggung bersama Menko Marves serta jajaran pejabat lainnya untuk melakukan pemukulan tifa sebagai prosesi simbolik peluncuran kegiatan Sail Teluk Cenderawasih tersebut, demikian seturut keterangan pers yang diterima di Jakarta.

Sail Teluk Cenderawasih akan diadakan di empat kabupaten yakni Biak Numfor, Waropen, Kepulauan Yapen, dan Sarmi, dengan mengusung tema "Memperkuat Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik".

Dalam sambutannya, Menko marves menyampaikan Sail Teluk Cenderawasih digelar dengan tiga fokus utama yakni ekspor perikanan, investasi, dan pengembangan potensi daerah.

"Kegiatan ini agar dapat mengakselerasi peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor hasil kelautan. Hal ini meliputi percepatan pembangunan sarana prasarana pendukung, penyiapan SDM yang kompeten dan berdaya saing, dukungan pascapanen, rantai dingin yang mendukung ekspor perikanan, dan regulasi yang mendukung iklim usaha," kata Luhut.
Baca juga: Sail Teluk Cenderawasih 2023 jadi ajang sejahterakan warga Papua

Sail Teluk Cenderawasih juga menyisipkan jadwal forum investasi untuk menarik para calon investor guna merangsang pembangunan daerah.

Pelaksanaan pameran dan festival budaya yang berlangsung selama tiga hari tersebut menjadi contoh baik dalam upaya mempromosikan potensi daerah.

"Saya berpesan agar Pemda dapat menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi, membeli, dan menggunakan berbagai produk lokal berkualitas dari daerahnya. Hal ini adalah bentuk konkret dari semangat Bangga Buatan Indonesia dan cinta produk dalam negeri," ujar Luhut.

Sail Teluk Cenderawasih diharapkan dapat berlangsung menjadi kegiatan rutin tahunan agar berbagai program, aktivitas, dan pembangunan yang telah diinisiasi bisa berlanjut dan dikembangkan oleh pemerintah setempat demi kesejahteraan masyarakat.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Provinsi Papua atas penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih. Saya harap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah," kata Luhut.

Selain Kepala Bakamla turut hadir melakukan prosesi simbolik peluncuran Sail Teluk Cenderawasih adalah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, serta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: Menko Marves: Sail Teluk Cenderawasih utamakan ekspor dan investasi
Baca juga: Sail Teluk Cenderawasih 2023 jadi ajang sejahterakan warga Papua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023