Jakarta (ANTARA) - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia dan Polisi Pengamanan Perairan Singapura (Singapore Police Coast Guard/SPCG) sepakat untuk meningkatkan kerja sama kedua belah pihak.

Kerja sama tersebut antara lain dapat berbentuk kegiatan port visit, pelatihan personel, maupun pertukaran informasi yang lebih intens di masa mendatang, demikian seturut keterangan tertulis Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kesepakatan itu tercapai saat Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia memimpin jajarannya melakukan kunjungan kerja ke markas SPCG di Singapura, Kamis.

Kunjungan tersebut dilakukan Bakamla dalam rangka memenuhi undangan SPCG untuk meningkatkan saling percaya dan kesepahaman antara kedua satuan coast guard negara bertetangga.

Dalam diskusi yang berkembang, SPCG memahami khususnya peran Bakamla sebagai point of contact isu-isu keamanan maritim yang diperlukan dalam operasi dan juga pengembangan kapasitas dan kapabilitasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Bakamla juga berkesempatan meninjau dan menjajal manuver kapal patroli terbaru SPCG serta melihat fasilitas pelatihan boarding, close quarter battle, capsize vessel, dan boat operation and handling.

Turut serta dalam rombongan Bakamla, Plt. Deputi Inhuker Bakamla Laksma TNI Samuel Kowaas, Kepala Zona Maritim Barat Bakamla Laksma Hadi Pranoto, dan Kabag Humas Bakamla Kolonel Wisnu Pramandita.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023