Usaha-usaha peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran ini harus dilaksanakan bersama, tentunya melalui sinergi yang baik antara K/L dengan Kementerian Keuangan
Jayapura (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua mengingatkan kepada seluruh satuan kerja (Satker) kementerian/lembaga (K/L) setempat agar melaksanakan pembangunan serta meningkatkan kualitas perencanaan dengan tepat waktu sehingga tidak terjadi penumpukan pencairan di akhir tahun nanti.
 
Kepala Kantor wilayah DJPb Provinsi Papua Burhani AS di Jayapura, Minggu, mengatakan berdasarkan realisasi penyerapan anggaran 2022 masih terjadi tren penumpukan pencairan anggaran satker K/L di Provinsi Papua di akhir tahun anggaran.
 
“Pada semester II-2022, kondisi indikator kinerja pelaksanaan anggaran yang cukup baik, yakni realisasi belanja seluruh K/L di Provinsi Papua telah mencapai 95,07 persen (di atas target nasional sebesar 90 persen ), namun untuk nilai capaian indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) hanya mencapai 84,87 di bawah target nasional yakni 90,” katanya.
 
Menurut Burhani, nilai IKPA penyerapan anggaran setiap triwulan ternyata juga kurang dari 90, hal ini berarti bahwa capaian realisasi anggaran belum memenuhi target setiap triwulan.
 
“IKPA sendiri merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja K/L dari sisi kualitas implementasi pelaksanaan dan hasil pelaksanaan perencanaan,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan berdasarkan evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran melalui aplikasi OMSPAN, terdapat beberapa satker K/L yang kinerja pelaksanaannya melebihi target di periode semester II-2022.
 
“Usaha-usaha peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran ini harus dilaksanakan bersama, tentunya melalui sinergi yang baik antara K/L dengan Kementerian Keuangan,” katanya.
 
Dia menambahkan pihaknya berharap pada kegiatan rapat koordinasi (Rakorda) Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2022 beberapa waktu lalu dapat menggali permasalahan sehingga nantinya merumuskan solusi bersama dalam rangka perbaikan kinerja pada anggaran 2023.

Baca juga: Januari 2023, DJPb Papua salurkan DAU Rp1,26 triliun ke 33 Pemda

Baca juga: Pendapatan negara di Papua terealisasi 95,66 persen triwulan III 2021

Baca juga: Kanwil DJPb Papua: penyaluran dana otsus 2021 terserap 75 persen

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023