Jakarta (ANTARA) - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari meminta Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menyiapkan tim basket 3x3 terbaik untuk mengikuti kompetisi olahraga World Beach Games 2023 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

"Indonesia sudah dipercaya menjadi tuan rumah World Beach Games, salah satunya cabang olahraga bola basket 3x3. Tolong persiapkan atlet 3x3 terbaik," kata Oktohari dalam Rapat Kerja Nasional (Perbasi) 2023 di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan bahwa World Beach Games merupakan kompetisi olahraga internasional paling bergengsi ketiga di dunia setelah Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin.

Dalam Word Beach Games 2023 akan dilombakan 14 cabang olahraga, 130 negara partisipan, dan melibatkan 1.600 atlet dunia.

Oleh karena itu, lanjut Oktohari, penting bagi Indonesia agar sukses dalam penyelenggaraan acara maupun sukses dalam prestasi olahraga.

Tim Nasional Indonesia basket putri 3x3 telah berhasil menyabet medali perunggu pada FIBA Asia Cup 2022 lalu. Oktohari mengapresiasi capaian itu dan berharap bisa diulang pada WBG 2023.

Kendati demikian, Oktohari menyebut bahwa memang masih banyak PR yang harus dikerjakan untuk pengembangan bola basket Tanah Air ke depannya.

"PR kita masih banyak. Melalui rakernas ini harus dimaksimalkan. Mudah-mudahan rakernas ini banyak menghasilkan terobosan-terobosan untuk basket Indonesia," katanya.

Baca juga: Perbasi buat program pengembangan basket nasional dalam 12 tahun
Baca juga: Sindir pemain IBL usia 40, Erick Thohir minta pembinaan diperkuat

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023