Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum National Olympic Indonesia (NOC) Raja Sapta Oktohari menargetkan kontingen Indonesia mampu mencetak sejarah baru di Olimpiade 2024 Paris, Prancis yang berlangsung 26 Juli sampai 11 Agustus.

Pada jumpa pers bertajuk “Menjaga Merah Putih” di gedung NOC, Jakarta, Jumat, Okto ingin kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 meraih prestasi dengan membawa pulang lebih dari dua medali emas yang sejauh ini menjadi prestasi terbaik yang diraih Merah Putih di ajang pesta olahraga empat tahunan itu.

"Target kita, kita mau mencetak prestasi yang terbaik dari Olimpiade-Olimpiade sebelumnya. Itu saya ulang-ulang dari sejak saya terpilih kembali sebagai Ketum NOC, bahwa cita-cita bersama kita adalah mencetak sejarah baru dari perolehan medali. Kalau sebelumnya itu yang paling banyak dua medali emas, insyaallah ini punya potensi bisa lebih dari dua," kata Okto.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya kini telah membentuk task force yang langsung ia ketuai. Task force dibentuk untuk mengawal semua atlet Indonesia yang punya potensi lolos kualifikasi Olimpiade 2024 sehingga pada akhirnya dapat turut serta.

Hingga kini, ada lima atlet Merah Putih yang telah lolos kualifikasi untuk berpartisipasi di ajang empat tahunan tersebut. Kelima atlet itu adalah pemanah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa, pesenam Rifda Irfanalutfi, dan juga atlet panjat tebing Desak Made Rita dan Rahmad Adi Mulyono.

Baca juga: Anindya Bakrie resmi jadi CdM Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

"Task force itu sebetulnya sudah dilaksanakan dari tahun lalu ya, melalui rapat komite eksekutif Komite Olimpiade Indonesia, yang memberikan tugas kepada saya sendiri sebagai Ketum NOC, sekaligus sebagai ketua task force," katanya.

"Yang intinya adalah memastikan semua atlet yang punya potensi untuk lolos kualifikasi Olimpiade, itu bisa ikut kompetisi. Karena kita mau memastikan para atlet yang punya potensi, mereka betul-betul bisa ikut dalam kompetisi kualifikasinya," lanjutnya.

Selain membentuk task force, pihaknya juga telah menunjuk Ketua umum PB Akuatik Indonesia Anindya Novyan Bakrie sebagai Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Olimpiade 2024.

Dalam kesempatan yang sama, pada jumpa pers tersebut, hadir Rossi Syechbubakar yang merupakan mantan atlet tenis meja Indonesia.

Pada kesempatan itu, Rossi selaku Olympian yang sempat membawa obor saat Olimpiade Atlanta 1996 menyerahkan obor yang dibawanya di fun run torch relay sebelum upacara pembukaan. Obor ini diharapkan dapat menjaga semangat atlet-atlet Indonesia di Olimpiade Paris.

Baca juga: Bulu tangkis sisakan 12 turnamen untuk kumpulkan poin menuju Paris
Baca juga: KOI: Peningkatan prestasi di 2023 bekal Indonesia menuju Paris

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024