UMKM memiliki peran sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Jayapura.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua menyebutkan pendidikan kewirausahaan kaum muda memperkuat peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian.

"Juga dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi, karena itu kami juga melakukan berbagai pelatihan, pendampingan dan memberikan bantuan modal untuk mendorong kapasitas UMKM yang sudah berjalan dan juga menciptakan UMKM baru di tengah masyarakat," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura Widi Hartanti, di jayapura, Selasa.

Widi Hartanti menyampaikan sambutan pada acara apresiasi kesuksesan bisnis program pendidikan kewirausahaan kaum muda Kota dan Kabupaten Jayapura yang diselenggarakan oleh Prudential dan Prestasi Junior Indonesia yang berlangsung di Kota Jayapura.

Menurut Hartanti, UMKM memiliki peran sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Jayapura, dapat dilihat dari kontribusi yang diberikan melalui sektor UMKM terhadap pendapatan asli daerah ini yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

"Terlepas dari kontribusi dari nilai ekonomi yang terus bertumbuh setiap tahun, sektor UMKM juga memberikan sumbangsih dalam bentuk nilai pemberdayaan sosial dengan menyediakan lapangan kerja baru," katanya pula.

Dia menjelaskan hal tersebut untuk mendorong kapasitas UMKM yang sudah berjalan dan juga menciptakan UMKM baru di tengah masyarakat di daerah itu.

"Penanganan perekonomian di Kota Jayapura semakin memperluas solusi tepat guna mengangkat standar hidup masyarakat terlebih kaum muda ke arah yang lebih baik," katanya lagi.

Dengan demikian, katanya pula, untuk mengangkat standar hidup kaum muda menjadi lebih baik, perlu kerja sama dengan pemerintah, swasta maupun masyarakat dan kaum muda dalam bahu-membahu menyelesaikan permasalahan itu.

"Ini sebagai tantangan untuk mampu mengembangkan dan meningkatkan UMKM demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Kota dan Kabupaten Jayapura dengan memanfaatkan segala peluang usaha yang ada," ujarnya lagi.

Pihaknya memberikan apresiasi terhadap perhatian dan komitmen berkelanjutan yang diwujudkan bersama Prudential dan Prestasi Junior Indonesia untuk anak-anak muda di Kota dan Kabupaten Jayapura.

"Ini membuktikan bahwa peran aktif sektor swasta sangat penting untuk mendukung berbagai program kerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk serta menggiring putra putri di daerah itu ke arah yang lebih baik demi siapnya mereka menghadapi persaingan di dalam dunia kerja," katanya lagi.

Pada acara tersebut sebanyak 22 kaum muda Kota dan Kabupaten Jayapura yang berhasil mengembangkan bisnis dan menuntaskan program kewirausahaan kaum muda 2022-2023 diberi sertifikat dan penyematan PIN alumni.
Baca juga: BSI: Talenta Wirausaha untuk inkubator UMKM, jaring wirausaha muda
Baca juga: Bupati: Sleman butuh wirausaha muda andal dan kompeten

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023